Arti Dari Kehidupan

Sunday, 7 Aug 2011

Betapa cepat waktu yang kita rasakan di dunia ini. Kadang kita terlena oleh hal duniawi semata. Mementingkan hal keduniawian bukanlah tujuan kita hidup di dunia ini. Entah kenapa saya tiba-tiba menulis sebuah tulisan seperti ini. Mungkin saja saya terlalu banyak berbuat dosa yang dilakukan di dunia fana ini. Saya juga tidak tau secara pasti dosa dan amalan baik yang saya lakukan saat ini. Semoga saja perbuatan baik yang saya lakukan lebih banyak daripada perbuatan buruknya.

Di bulan yang suci dan penuh rahmat ini adalah saat yang tepat untuk merenungkan tentang arti sebenarnya tujuan kita hidup. Bukan hanya hidup di tempat yang fana ini, melainkan tujuan hidup yang kekal kelak. Untuk apa sih kita hidup seperti sekarang? Tentu saja kita sebagai umat muslim sudah memiliki tujuan hidup yang jelas, yaitu memperoleh kesejahteraan di dunia maupun diakhirat. Dalam Al-Quran juga sudah dipaparkan bahwa tujuan Allah menciptakan jin dan manusia semata-mata hanya untuk beribadah. Ya, memang itulah tujuan hidup yang sebenarnya.

Teringat dengan orang-orang yang sudah mendahului kita (meninggal dunia). Baik itu orang yang tidak kita kenal maupun orang yang kita kenal. Terkadang kita lupa diri tentang hal ini. Kita merasa akan hidup selamanya di dunia ini, padahal tidak demikian. Dunia ini akan hancur. Oleh sebab itu, gunakanlah waktu yang sempit di dunia dengan sebaik-baiknya.

Andaikan kita dipanggil oleh Allah sekarang juga, apakah kita sudah merasa siap untuk itu? Jawabannya pasti berkata belum siap. Karena kita merasa amalan baik yang kita lakukan belum banyak. Nah, yang jadi pertanyaan kenapa kita belum siap terus? Kapan kita akan siap untuk hal ini?

Kita lupa dengan semua ini. Lupa karena hal yang sifatnya sementara dan tidak kekal. Lebih memilih hal-hal yang tidak berarti sama sekali. Selagi kita diberi kesempatan oleh Allah untuk bertaubat, ayo kita bertaubatlah! Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf.

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *