Counter

Saya masih mencari metode yang paling efektif untuk mengajarkan sesuatu kepada pemula. Pemula di sini adalah orang yang benar-benar pertama kali belajar atau orang yang pernah belajar namun tidak terlalu mendalam, dasarnya masih belum mantap.

Tidak mungkin saya menolak untuk mengajarkan pengetahuan yang saya dapat selama ini. Justru saya ingin menyebarkan apa yang saya dapat kepada sebanyak mungkin orang. Beda ketika saya mengajarkan secara tatap muka langsung dengan menulis tutorial di blog hsp21.com. Kalo di blog, orang bisa saja langsung mengerti inti dari apa yang saya tulis, jika tidak mengerti mereka bisa menulis komentar di bawah postingan. Namun, jika saya mengajarkan langsung, saya suka kebingungan harus memulai dari mana. Mengajari dari dasar? Ya, bisa jadi. Tapi kebanyakan orang-orang yang saya ajari pengennya cepet langsung bisa menguasai teknik tertentu. Ada tingkatannya. Padahal teknik tersebut bisa dikuasai jika prasaratnya terpenuhi dan dasarnya harus bener-bener dikuasai.

Ada juga yang sering menanyakan berulang-ulang kepada saya setelah diajari, alasannya ya karena lupa. Pantas saja lupa karena memang jarang dipakai dan tidak menguasai dasarnya. Saya sarankan dalam mempelajari sesuatu jangan pengen langsung ke tingkat yang lebih tinggi. Kuasai dulu saja dasarnya sampai bisa, ketika sudah bisa dalam memasuki tingkatan yang lebih tinggi akan terasa lebih mudah. Silakan dicoba 🙂

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *