Buku Pelajaran Fisika

Monday, 1 Sep 2014

buku-pelajaran

Jadi ceritanya sebagai kakak yang baik haruslah membantu adiknya untuk mengerjakan PR. Kemarin saya disodorkan beberapa soal IPA (Fisika) kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tidak bisa dijawab oleh adik saya. Sebagai calon guru fisika tentu menjawab pertanyaan seputar IPA terutama fisika merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa terelakkan. Namun, saat membaca pertanyaannya terasa aneh. IMO, pertanyaan seperti itu terasa kurang cocok diberikan pada jenjang SMP. Ditambah lagi baik perintah menjawab soal dan maksud soalnya sendiri tidak jelas dan ambigu. Saya juga jadi ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ya, wajar adik saya tidak bisa menjawabnya karena memang soalnya aneh.

Kemungkinan kualitas buku yang digunakan kurang, sehingga banyak ditemukan hal aneh di dalamnya. Jadi teringat kata dosen fisika dasar saya yang mengatakan buku yang beredar saat ini, isinya sudah tidak relevan lagi, banyak terjadi miskonsepsi.

Lebih baik untuk pintar-pintar memilih buku paket yang akan digunakan. Pertanyaannya, buku seperti apakah yang layak digunakan sebagai referensi? Saya rasa buku-buku dari luar negeri yang sudah “teruji” luar dalamnya. Semoga ke depannya, kualitas buku pelajaran yang digunakan di sekolah-sekolah bisa lebih baik lagi. Saya sendiri jujur tidak bisa menulis buku, tapi setidaknya saya bisa membedakan mana buku yang nyaman digunakan dan tidak.

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *