Semester 5 Pendidikan Fisika UPI

Sekarang bagian kilas balik di semester 5, mudah-mudahan masih ingat di semester 5 pada ngapain aja, haha…

Sejarah Fisika

Salah satu syarat bisa mengontrak sejarah fisika atau sering disingkat dengan nama “jarfis” adalah penah mengontrak mata kuliah Fisika Modern. Nah lho? Fisika modern menjadi dasar pengetahuan untuk memperdalam ilmu di jarfis. Namanya juga sejarah, di mata kuliah ini semua dibahas mulai dari perkembangan ilmu fisika klasik-modern, ilmuwan fisika kayak Einstein, sama sumbangan beberapa negara terhadap ilmu fisika. Semua disajikan dengan presentasi tiap kelompok dengan materi yang berbeda tentunya. Yang harus dikuasai sebenernya adalah memahami perkembangan tiap periodenya.

Fisika Sekolah III

Sama halnya seperti Fisika Sekolah I dan Fisika Sekolah II, yang berbeda adalah kajian SK KD di Fisika Sekolah III itu untuk kelas XII SMA. Di Fisek 3 ini harus lebih menguasai membuat indikator, peta konsep, bagan materi, dll. Mungkin yang terasa berat di fisek 3 ini adalah di materi SMA-nya. Secara materi Fisika Modern merupakan hal yang horor bagi sebagian besar mahasiswa fisika, termasuk saya 😀

Fisika Inti

Entah ada faktor apa, saya sangat tidak mengerti dengan matkul fisika inti. Materinya sih kalo dipelajari lebih serius gak susah-suah amat, cuma di ujiannya, beuuuh… susah banget, seriusan. Apa yang sudah dipelajari pada saat di kelas kayaknya gak ada yang muncul di kertas ujian. Kebanyakan soal ujiannya berasumsi gitu, bener-bener sulit dipahami. Hampir aja saya gak lulus di mata kuliah ini, namun pada akhirnya saya selamat juga. Banyak teman-teman yang terjebak bahkan terjerumus di fisika inti. Untuk itu waspadalah, waspadalah~

Fisika Kuantum

Di Fisika Kuantum hanya membicarakan persamaan schrodinger saja kok. Di mata kuliah ini harus lebih serius, karena saya juga hampir saja terjebak dengan kesantaian dosen mengajar. Tanpa persiapan apapun dosen tiba-tiba menyuruh mengeluarkan kertas untuk langsung ujian, ahhh tidaakkk… Pokoknya jangan terlalu santai di mata kuliah ini, ok?

Laboratorium Fisika Sekolah I

Di Labfisek 1, kita hanya mengekplorasi KIT SMP. Mencoba berbagai percobaan yang ada di buku panduan KIT, kemudian mempresentasikan di depan. Matkul ini lumayan santai kok, cuma bikin laporannya itu kadang-kadang yang bikin males, haha…

Pendidikan Teknologi Dasar

Kotak Tisu Anti Terbang

Kotak Tisu Anti Terbang

PGBU (Pikir Gambar Buat Uji) merupakan jargon mata kuliah PTD. Kita dituntut untuk kreatif membuat suatu alat/produk yang akan bermanfaat. Tentu dengan kriteria-kriteria yang telah dikaji serta harus mempertimbangkan beberapa aspek. Tugas akhir PTD adalah membuat suatu produk yang telah ditentukan, pada saat itu disuruh membuat kotak tisu dengan bahan karton saja dengan syarat tidak terbang jika di terpa angin laut.

Multimedia Pembelajaran Fisika

Di matkul ini, kita harus bikin multimedia pembelajaran mulai dari video pembelajaran, flash untuk pembelajaran sampai produk akhir yang menggabungkan beberapa media menjadi satu. Lumayan seru di matkul ini, berikut produk yang telah dibuat oleh kelompok saya:

Website Multimedia Pembelajaran Fisika

Website Multimedia Pembelajaran Fisika

Video Pembelajaran Fisika –> http://www.youtube.com/watch?v=eEgMNzR5np4

Website Pembelajaran Fisika –> http://multimedia.yopihasopa.com/

Silakan berkunjung ke sana, semoga produk yang kami buat dapat bermanfaat 🙂

Media Pembelajaran Fisika

Hampir sama seperti multimedia, namun di matkul ini agak sedikit kuno dan jadul. Kita disuruh bikin media pembelajaran mulai dari poster, transparansi yang pake OHT (jadul banget ini), dan bikin slide powerpoint. Lumayan ribet juga bikin media pembelajaran, namun saya cukup senang membuatnya. Salah satu yang sudah dibuat, yaitu poster seperti di bawah ini, hehe…

Poster - Media Pembelajaran Fisika

Poster – Media Pembelajaran Fisika

Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi (PLSBT)

Mata kuliah paling gaje di semester ini (IMO), terasa membosankan sekali, tidak ada tantangan. Sepertinya dengan membaca bukunya saja terasa cukup karena dosen hanya “membaca” apa yang ada di buku. Mungkin perlu metode lain untuk mata kuliah ini sehingga mahasiswa juga semakin antusias dan bersemangat.

Kategori : Kilas Balik, Kuliah

semester-6-pendidikan-fisika-upi

Maaf nih, langsung lompat ke semester 6. Mumpung masih inget, mending langsung saya tulis di sini. Semester2 sebelumnya juga kalo sempet nanti bakal ditulis juga kok. Mari disimak, ada apa saja di semester 6 ini, jreng jreng~

Fisika Zat Padat

Ada mata kuliah ini, metode yang dipakai dari awal sampe akhir semester adalah presentasi kelompok. Ada 9 BAB yang dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk dijelaskan di depan kelas, tiap orang wajib menjelaskan materi tersebut. Di sela-sela kita menjelaskan kadang-kadang dosen bertanya, lebih tepatnya sih mengetes kemampuan penguasaan materi kita. Intinya sih kita harus bener-bener menguasai materi yang akan disampaikan. Untuk ujiannya ada 3 kali tes unit, menurut saya ujian yang tersulit ada di tes unit 1, hehe…

Eksperimen Fisika I

Percobaan Interferometer

Percobaan Interferometer

Sama seperti di Eksperimen Fisika Dasar, malah sudah disediakan buku panduan praktikumnya. Tugasnya ada laporan praktikum yang dilakukan 2 minggu sekali, total eksperimennya ada 6. Sebelum kita praktikum ada tugas awal yang harus dikerjakan kemudian nanti juga di tes lisan oleh dosen/asisten lab. Kita harus bisa di tes lisan, jika tidak ya tidak bisa praktikum nantinya. Yang paling sulit itu praktikum tetes minyak milikan dan interferometer, paling mudah eksperimen efek hall 😀

Laboratorium Fisika Sekolah II

Di LabFiSek2 ada 2 misi yang harus diselesaikan jika ingin lulus mata kuliah ini, yang pertama ekplor KIT SMA + membuat instruksi praktikum, yang kedua membuat alat peraga sederhana di workshop.

Tim Laboratorium Fisika Sekolah II

Tim Laboratorium Fisika Sekolah II

Dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, alat peraga sederhana “Multiple Generator” juga sukses, yeah 🙂

Multiple Generator

Multiple Generator

Seminar Pendidikan Fisika

Tugas utama mata kuliah ini adalah mengkaji jurnal “pendidikan fisika” luar negeri. Di sini kita harus pinter2 nyari jurnal yang mudah dipahami. Judul tidak boleh sama tiap orang dan harus jurnal terbitan terbaru. Hasil kajian jurnal nanti dipresentasikan dua kali, hasil revisi kajian dijilid seperti skripsi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Hampir semua materi mata kuliah ini saya kuasai, ceileh. Ya, seperti web programming, flash, bikin blog fisika, dll. Rasanya biasa saja untuk mata kuliah TIK, entahlah~

Perencanaan Pembelajaran Fisika

Di mata kuliah ini kita dituntut untuk melakukan perencanaan pembelajaran. Seperti apa perencanaan pembelajaran tuh? Ya, kayak bikin silabus, RPP, materi ajar, LKS, media pembelajaran, baca permen tentang standar proses, dll. Nanti hasil RPP di demonstrasikan di depan kelas, semacam micro teaching gitu. PPF merupakan puncaknya semua mata kuliah profesi.

Metode Penelitian Pendidikan Fisika

Di metlit kita dituntut untuk menguasai metode penelitian sebagai modal dalam menyusun skripsi. Tugas akhir mata kuliah ini yaitu membuat proposal penelitian yang nantinya menjadi cikal bakal skripsi yang akan kita susun. Saya juga baru tahu cara menyusun skripsi di mata kuliah ini. Pantesan saja orang-orang banyak yang stres ketika menyusun skripsi, hehe…

Kewirausahaan

Di KWU, kita diajarkan teori2 kewirausahaan. Tugas-tugas yang diberikan kita disuruh melakukan studi lapangan diantaranya ke pasar tradisional, supermarket, pedagang kaki lima, penyedia jasa, warung, dll. Setelah itu dibuat laporannya. Selain itu, untuk tugas akhir, kita harus bikin business plan. Kemudian dipresentasikan di depan kelas.

Seminar Pendidikan Agama Islam

Sama saja sih seperti di mata kuliah pendidikan agama islam sewaktu semester 2. Cuma metode pembelajarannya aja kayak seminar. Kita juga harus ikut lagi tutorial SPAI di Al-Furqon tiap minggunya. Tapi hanya sekitar 1 jam saja, beda ketika tutorial PAI saat semester 2, itu mah dari pagi sampe siang -_-

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Inilah mata kuliah yang paling menyenangkan, paling rame dan paling berkesan. Selain menjalankan misi dari kampus, kita juga banyak mendapat pengalaman saat terjun ke masyarakat, hidup bersama dengan teman-teman sekelompok, tiap hari pasti ada aja cerita menariknya. Ceritanya sudah say tulis di sini. Silakan dibaca aja.

***

Sekian, kilas balik di semester 6 ini. Banyak banget kenangannya. Di semester 7 , saya tinggal mengontrak PLP dan skripsi, jadi sudah tidak akan lagi kuliah di dalam kelas. Haduh jadi kangen belajar di dalam kelas. Oke, sekian saja. Terima kasih.

Kategori : Kilas Balik, Kuliah

[Tidak] Ada Lagi “Kilas Balik”

Wednesday, 27 Jun 2012

kalender

Setelah berpikir-pikir dan kemudian memutuskan untuk berhenti menulis di kategori “Kilas Balik” ini. Saya juga bingung dan merasa bersalah atas keputusan ini. Di satu sisi, saya ingin melanjutkan menulis di kategori ini, di sisi yang lain juga saya sering mengalami “kesulitan” dalam menulis di kategori ini 🙁

Mungkin dalam beberapa kesempatan, situasi dan waktu tertentu saya akan menulis kembali di kategori ini. Sampai jumpa. Oke deh sekian dulu.

Kategori : Kilas Balik

Kilas Balik April 2012

Sunday, 6 May 2012

kalender

Kuliah

Setelah menjalani UTS tertulis di beberapa mata kuliah, di bulan ini harus sudah melakukan observasi ke sekolah untuk mendapatkan data yang diperlukan sebagai bahan tugas mata kuliah BK dan Evaluasi. Tugas makalah dan presentasi selalu menyertainya 😀

Oh, iya ternyata membuat soal itu tidak segampang yang saya kira. Ketika diuji validitas dan realibitas soal tersebut, beberapa ada yang mengecewakan 🙁

Mudik

Selama satu bulan ini akhirnya saya bisa bertahan untuk tidak mudik. Karena beberapa pekerjaan dan tugas kuliah harus saya kerjakan, akhirnya saya membetahkan diri di Bandung.

Pekerjaan

Alhamdulillah honor udah cair juga, walau sebelumnya tak berharap banyak juga si 😀

Seminar

Saya juga sempet ikut seminar kewirausahaan dan nonton film Kita vs Korupsi. Lumayanlah dengan biaya gratis udah dapet ilmu banyak. Tumben-tumben juga saya ikut acara kayak gini yah 😀

Ulang Tahun

Banyak teman-teman saya yang ulang tahun pada bulan ini, termasuk blog yopihasopa.com juga yang berulang tahun tanggal 5 April kemarin. Semoga blog ini tambah sukses dan berkah… tak lupa kepada teman-teman say juga… amien… 🙂

Kategori : Kilas Balik

Kilas Balik Maret 2012

Thursday, 5 Apr 2012

kalender

Tak terasa bulan maret sudah berakhir, ada apa saja di bulan Maret kemarin? 😉

Kuliah

Bulan ini adalah masa ujian tengah semester (UTS). Jadwal UTS yang “seenaknya” membuat saya cukup kerepotan juga. Seperti telah saya ceritakan di Minggu Yang Menguras Energi. Setelah melewati semuanya, akhirnya bisa sejenak bernapas lega dan mencuri liburan week end.

Mudik

Sekarang sangat memungkinkan untuk mudik tiap minggu. Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini hari Jum’at sering banget libur, baik itu libur nasional maupun libur tidak ada kuliah. Di akhir bulan kemaren juga saya manfaatkan untuk pulang ke kampung halaman untuk beberapa hari.

Nothing

Tak ada lagi yang lain 😀

Kategori : Kilas Balik

buku tipler

Fisika Dasar II

Flash back kali ini diawali dengan mata kulaih Fisika Dasar II atau anak-anak fisika sering menyebutnya fisdas 2. Di Fisika Dasar II ini hanya membahas dua materi saja yaitu listrik dan satu lagi magnet. Tapi tak semudah kelihatannya dari dua materi induk ini masih ada anak, cucu bahkan cicit nya.

Seperti di Fisika Dasar I, saya menyukai mata kuliah Fisika Dasar II juga. Saya sempat memiliki kendala tentang materi kelistrikan, karena saya kurang suka dengan materi tersebut. Akhirnya, bisa saya atasi. Dan alhamdulillah saya mendapat nilai bagus di mata kuliah ini 🙂

Fisika Sekolah I

Saya sangat antusias sekali dengan mata kuliah ini, karena mata kuliah ini memang menantang. Disamping membuat makalah yang mengembangkan SK & KD, saya juga harus mempresentasikan makalah tersebut.

Selama saya kuliah, di mata kuliah inilah saya merasakan benar-benar yang namanya presentasi. Kritik yang pedas namun membangun yang dilontarkan dosen membuat saya makin menyukai mata kuliah ini. Semua yang dipelajari di mata kuliah ini setidaknya menjadi bekal nanti untuk mengajar di kelas X SMA 🙂

Mekanika

Mata kuliah ini termasuk mata kuliah favorit bagi saya. Bagaimana tidak, saya sangat menyukai masalah-masalah mekanika. Sehingga saya bisa dengan mudah menangkap konsep-konsep yang diterapkan di mata kuliah ini.

Oh iya, saya juga harus berjuang demi sebuah nilai yang tak tentu. Menurut dosennya, saya tidak mengumpulkan beberapa tugas. Padahal saya yakin sekali sudah mengumpulkan semua tugas-tugas. Ya, akhirnya saya bikin lagi tuh tugas yang “hilang” ditelan gedung JICA.

Perjuangan nilai tidak sampai disitu. Ketika masa-masa libur setelah UAS, saya juga dikagetkan dengan kabar bahwa nama saya tidak tercantum dalam daftar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah mekanika. Tapi ternyata, ada kesalah teknik dan masalah inipun akhirnya terselesaikan.

Masih ada lagi masalah yang muncul, yaitu dosen salah menuliskan nilai untuk saya. Oh tidaakk… dan saya pun harus melakukan proses FNUB (perbaikan nilai). Ternyata proses FNUB memakan waktu yang cukup lama, saya harus meminta tanda tangan dosen dan ketua jurusan, baru diserahkan ke jurusan untuk diproses. Beberapa minggu setelah FNUB, nilainya masih tidak berubah di Sistem Informasi Nilai Online (SINO). Saya sempat harap-harap cemas karena kemungkinan lembar FNUB saya tidak diproses 🙁

Akhirnyaa… penderitaan berakhir. Setelah lebih dari satu bulan, nilai menjadi berubah. Alhamdulillah beres juga 🙂

Eksperimen Fisika Dasar II

Berbeda dengan EFD I, EFD II ini menggunakan metode inquiry dan problem solving. Jadi kita tidak dibimbing lagi dengan modul. Kita dikasih permasalahan dan memecahkan permasalahan itu sendiri. Hal yang membuat saya tidak suka dengan mata kuliah ini yaitu pengumpulan laporan harus hari itu juga. Biasanya ngambil data dari jam 9 sampai 12, itu pun kalo data yang diambil bagus. Nah kalo data yang diambil kacau, bisa sampe jam 1 siang baru beres percobaan untuk ngambil data.

Kemudian dilanjut bikin laporan, tulis tangan lagi. Jari tangan terasa udah keriting ditambah lagi kalo ada pengolahan data menggunakan grafik yang digambar di milimeter blok, wahahaa… Mantep dah! Biasanya laporan selesai jam 3-4 sore, baru bisa pulang 🙁

Belajar dan Pembelajaran Fisika

Di mata kuliah ini membahas model-model pembelajaran. Sialnya saya kebagian bab yang “aneh” dengan bahasa serta budaya yang aneh juga. Sehingga saya sulit menganalisis, sulit membuat makalahnya dan susah mempresentasikannya. Bisa ditebak nilai yang saya dapatkan kurang memuaskan 🙁

Kurikulum dan Pembelajaran

Metode mata kuliah ini yaitu ceramah dan tanya jawab. Untuk UTS diberikan soal UTS “take home” serta membuat laporan buku tentang kurikulum. Dan UAS nya, harus mengerjakan soal UAS biasanya dan mengumpulkan artikel tentang kurikulum.

Di kelas anak-anak sering menyebut kata “baguss!!”, karena dosen mata kuliah ini selalu bilang begitu kalo mahasiswa sudah menjawab pertanyaan dari beliau. Bahkan, sebelum mahasiswa selesai menjawab, beliau selalu bilang “baguss..!!”, hehe… 😀

Pengelolaan Pendidikan

Di mata kuliah ini ditugaskan untuk melakukan observasi ke sekolah-sekolah untuk meninjau aspek pengelolaan atau manajemen sekolah. Hasil observasi dibuat ke dalam makalah dan dipresentasikan tiap kelompok. Walau saya sudah diberi hadiah coklat oleh dosen, bagi saya mata kuliah ini terasa monoton sekali.

Pendidikan Kewarganegaraan

Ada lagi kasus di mata kuliah ini. Jadwal PKn bentrok dengan Mekanika. Dan dua-dua tidak mau ada yang mengalah. Dan pada akhirnya saya dan beberapa teman memutuskan untuk ikut numpang di jurusan lain yang mengontak mata kuliah yang sama.

Saya kebetulan dapet gabung di jurusan manajemen. Satu kelas bersama dengan jurusan yang berbeda memberikan hal yang berbeda pula. Seperti istilah “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”. Yang saya rasakan sangat berbeda sekali budaya ketika di kelas antara Fisika dan Manajemen 😀

Tugas yang diberikan yaitu presentasi per kelompok yang membahas bab yang ada di buku panduan. UTS diganti dengan menjawab soal-soal yang ada di buku panduan serta membuat laporan buku, dan untuk UAS dilakukan secara biasanya..

***

Mungkin cukup sampai disitu ceritanya, banyak hal-hal yang tidak saya ceritakan disini karena beberapa alasan dan keterbatasan. Semester 3 sangat berkesan, menambah pengalaman, menghadapi berbagai macam cobaan dan semoga membuat saya lebih baik lagi.

Sekian, mohon maaf jika ada salah dari saya. Terima kasih 🙂

Kategori : Kilas Balik

Kilas Balik Februari 2012

Tuesday, 6 Mar 2012

februari

Saya hampir lupa membuat kilas balik bulan Februari. Mulai mengingat-ingat kembali hal apa saja yang terjadi di bulan Februari ini?

Kuliah

Tanggal 1 Februari merupakan hari dimana semester baru di mulai. Ya, saya sekarang sudah masuk semester 4. Di saat kampus lain masih libur, kampus UPI malah sudah masuk kuliah. Tapi tidak apa-apa, lebih cepat lebih baik, hehe…

Hari-hari pertama kuliah cukup menegangkan dan menantang, karena bertemu dosen baru dengan berbagai karakternya. Sejauh ini situasi kuliah masih lancar-lancar saja. Dibeberapa mata kuliah saya sangat menyukai model pembelajaran yang diterapkan dosen, dan beberapa lagi malah membuat saya jadi ribet.

Mudik

Akhir Februari kemarin, saya nekad buat mudik karena rasa “homesick” sudah tidak bisa dibendung lagi. Saya mengambil jatah bolos 1 kali pada hari Jum’at, jadi hari Kamis siang saya langsung mudik ke Ciamis. Dan kabar bahagiapun datang, ketika pada hari Jum’at saya dapat jarkom bahwa hari Jum’at tidak ada perkuliahan. Horee.. jatah bolos kuliah saya masih utuh 😀

Dan, secara tidak sengaja pas mudik kemarin ada peresmian masjid deket rumah. Acaranya lumayan rame, banyak yang berjualan disekitaran rumah. Dan masjid jadi lebih bagus. Semoga saya bisa tambah rajin pergi ke masjid, amien 🙂

Fairy Tail

Kabar terbaru dari Fairy Tail, OVA 3 sudah keluar. Ceritanya sangat seru yaitu menceritakan masa lalu Natsu, Erza dan Gray. Akhirnya saya jadi tahu masa lalu mereka. Episodenya sudah ke-120. Tiap sabtu siang biasanya rilis episode terbaru Fairy Tail.

Acara

Saya gagal pergi ke Dufan karena beberapa alasan yang logis. Sebenernya bukan masalah yang besar bagi saya. Kemudian, apa lagi yah?? Oh iya, acara ulang tahun saya yang seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada hal yang spesial dan mungkin saja saya mendapat kado “buruk” di ulang tahun kali ini 🙁

Pekerjaan

Projek web sudah mulai saya kerjakan. Saya juga pengen bikin template blogger yang baru buat hsp21.com dan tidak menutup kemungkinan theme blog ini juga akan berubah.

Nostalgia

Bulan ini saya kedatangan teman dekat saya ketika SMA (@nknownman) ke Bandung. Cukup “pangling” juga saya melihatnya. Seperti biasanya mengobrolkan kesana kemari ngalor ngidul. Oh iya, teman saya ini juga akhirnya punya blog baru yaitu nknownman.com. Selamat 🙂

Hikmah

Banyak sekali hikmah yang saya ambil dan menjadi pelajaran bagi saya di bulan ini. Mudah-mudahan dengan segala kejadian baik dan buruk yang saya alami membuat saya lebih baik, lebih dewasa, lebih berguna, lebih kuat dan lebih lebih baik lagi, amien 🙂

Kategori : Kilas Balik