kompas

Terkadang kita menganggap orang yang diam, santai dan tenang itu tidak mengalami masalah dalam dirinya. Hidupnya tuh terlihat enjoy-enjoy aja, tak terlihat bingung, galau dan sebagainya. Pada dasarnya manusia tak terlepas dari permasalahan, kalo gak mau ada masalah mati aja sekalian :D.

Analog dengan yang saya ilustrasikan di atas, kompas yang terlihat diam, jika diputar-putar maka kompas akan tetap diam dan arahnya tetap menuju arah utara dan selatan. Dalam keadaan stabil ini, sepertinya tidak mengalami apapun. Tapi apa yang sebenarnya terjadi? Sebenarnya kompas mengalami gangguan dari medan magnet bumi saat jarum kompas itu diam. Dibalik keadaan diamnya itu, kompas sedang menghadapi masalah tapi tidak terlihat kasat mata. Udah ngerti kan maksud saya? 🙂

Dalam menghadapi masalah hendaknya kita berperilaku seperti kompas, jangan memperlihatkan masalah kita secara berlebihan. Contohnya seperti mengeluh, uring-uringan, menggalau, marah-marah, dkk. Mari cari solusinya, bersikap tenang dan santai. Dengan begitu solusi akan lebih mudah dicari. Kemudian masalah yang kita miliki jangan sampai membah masalah lagi bagi orang lain, tetap konsisten menuju arah,  jalan dan cita-cita yang lurus seperti halnya kompas :).

[Tulisan ini terinspirasi saat melihat kompas di Laboratorium Fisika Dasar]

 

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *