Fokus Dalam Mengerjakan Sesuatu

Monday, 24 Oct 2011

Pernahkan Anda mengerjakan sesuatu tapi rasanya tidak kelar-kelar juga? Atau rasanya lama sekali menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Ya, inilah yang sekarang sering saya alami. Apalagi yang berhubungan dengan tugas kuliah. Kayaknya tuh ini tugas gak kelar-kelar walau udah ditongkrongin berjam-jam juga. Kenapa yah?

Belakangan ini saya menyadari masalah ini sendiri. Penyebab yang selama ini membuat tugas-tugas terasa lama saat dikerjakan. Penyebabnya simpel sekali yaitu “kurang fokus”. Itulah dia kambing hitamnya. Saya kalo mengerjakan tugas kurang sekali fokus. Misalnya saya sedang mengerjakan tugas makalah, pasti saya selalu menyalakan tv, internet, atau minimal lagu-lagu yang aduhai. Hal-hal inilah yang mengganggu konsentrasi saya saat mengerjakan tugas tersebut, dikit-dikit lirik ke tv, dikit-dikit mantau social network (twitter/facebook), ngeganti lagu yang gak enak didengar. Belum lagi ada telp/SMS yang masuk ke handphone saya.Belum lagi ini itu yang cukup memakan waktu saat kita mengerjakan tugas.

Faktor-faktor inilah yang sebenarnya menggangu konsentrasi saat mengerjakan tugas yang pada akhirnya tugas terasa lama dikerjakan. Jika kita bisa meminimalisasi faktor-faktor tersebut saya yakin tugas akan cepat selesainya. Yakin deh, saya sudah membuktikannya sendiri. Kalau tidak percaya silakan coba sendiri :D.

Walau manusia bisa multitasking atau bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam saat yang bersamaan, akan tetapi jika kita fokus dalam satu pekerjaan saja, saya rasa pekerjaan tersebut akan lebih cepat selesai dan juga berkualitas :).

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *