Hikmah Dari Sebuah Misteri

Ditulis pada 10 Nov 2011 oleh Yopi Hasopa

jembatan-cirahong

Kemarin malam saya menonton acara Dua Dunia, salah satu acara di TRANS 7 yang tayang jam tengah malam. Biasanya acara ini tanyang setiap Rabu dan Jumat malam. Isi acaranya sendiri yaitu menguak misteri di suatu tempat yang suka dijadikan tempat angker dan mempunyai mitos/misteri bagi warga di sekitar daerah tersebut.

Kebetulan kemarin malam tempatnya di Jembatan Cirahong Ciamis yang juga terletak tidak jauh dari rumah saya. Ketika saya masih SMP, saya sering sekali main ke rumah teman saya yang rumahnya hanya beberapa ratus meter dari Jembatan Cirahong ini. Saya suka memetik buah salak, mancing ikan dan “ngaliwet” dengan teman-teman SMP di sekitaran Jembatan Cirahong ini. Keindahan Jembatan Wheatstone Cirahong ini memang bagus sekali. Apalagi saat melihat kereta melintas di atas jembatan ini. Banyak juga yang suka dijadikan latar untuk foto-foto, emang keren sih.

Sebagai informasi saja, jembatan ini menghubungkan daerah Ciamis-Tasikmalaya. Selain sebagai jembatan jalan kereta, jembatan ini juga bisa dilalui oleh roda dua dan roda empat, kalo gak salah bus/truk gak bisa lewat , karena lebar jembatan ini relatif kecil sih :D

Kembali ke acara Dua Dunia tadi, di acara ini banyak menguak tentang mitos dan misteri tentang jembatan cirahong. Salah satunya yaitu banyak yang suka bunuh diri di jembatan ini. Tim Dua Dunia akhirnya mendapatkan informasi tentang misteri ini setelah melakukan mediumisasi dan berdialog dengan “penunggu” Jembatan Cirahong. Sepertinya “penunggu” di jembatan ini bukan beragama Islam. Menurut informasi dari “penunggunya”, orang-orang yang sering bunuh diri di sana akibat dari pikiran mereka yang kosong. Sehingga bangsa mereka mudah untuk menggoda manusia yang pikirannya kosong supaya loncat dari atas jembatan ini. Tetapi mereka sulit untuk menggoda manusia yang selalu mengingat Allah swt.

Agar mereka tidak menggangu lagi manusia, mereka mengajukan sebuah permintaan yaitu setiap malam jumat harus disediakan sesajen. Akan tetapi Tim Dua Dunia menolaknya karena hal tersebut dilarang oleh Islam. Kemudian mereka mengajukan permintaan yang lain yaitu minta dibuatkan makam/petilasan. Lagi-lagi Tim Dua Dunia menolaknya dengan alasan yang sama. Lalu mereka mengajukan permintaan lagi yaitu minta untuk mengubur kain warna putih yang bertuliskan sesuatu. Dan lagi-lagi Tim Dua Dunia menolaknya dengan alasan yang sama.

Terlepas dari benar atu tidaknya tentang kebenaran acara Dua Dunia tersebut. Saya dapat mengambil hikmah dari acara ini. Setan akan selalu menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Seperti kasus di atas. Mereka meminta dibuatkan makam/petilasan agar manusia nantinya akan menyembah-nyembah mereka. Ketika permintaan itu tidak terpenuhi, mereka akan meminta permintaan yang lebih ringan/halus dan terlihat hal itu tidaklah apa-apa yaitu mengubur kain putih. Akan tetapi, semua ini tidak dibenarkan dalam Islam. Kita dilarang untuk meminta pertolongan kecuali kepada Allah swt. Hal inilah yang banyak sekali menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Kelihatannya hal ini sepele bahkan dianggap biasa saja, tapi ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam.

Ada beberapa yang unik, menarik, aneh, lucu dan tak masuk akal dari acara Dua Dunia ini:

  1. Dialog antara makhluk halus dan manusia bisa nyambung, walau bahasa yang digunakan berbeda.
  2. Kita bisa mengetahui cara jin/setan menggoda manusia.
  3. Ketika mediumisasi tingkah laku manusia yang dimasuki makhluk halus suka aneh-aneh. Ada yang guling-guling di tanah sampai nyakar-nyakar segala :D
  4. Melihat menampakkan tentunya.
  5. Mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh makhluk halus/ghaib.
  6. Melihat benda-benda pusaka di tempat tersebut. Walau tidak semuanya bisa ditunjukkan.
  7. dll.

Bagi saya, acara ini bisa mempertebal keimanan. Banyak sekali nasihat dan hikmah yang diperoleh dari acara ini. Walau kelihatannya tidak logis, tapi sebagai seorang muslim maka kita harus mempercayai adanya makhluk-makhluk ghaib. Jagalah pikiran kita agar tidak kosong, yaitu dengan membaca dzikir dan mengingat Allah dimanapun kita berada. Agar kita terlindung dari berbagai macam godaan setan. Terkadang ada juga nasihat dari jin muslim agar kita selalu berada di jalan Allah.

Bagi yang belum pernah nonton, silakan coba nonton deh, daripada entar penasaran :)

Kategori : Kisah

3 thoughts on “Hikmah Dari Sebuah Misteri

  1. andri says:

    acara semacam ini jelas bertentangan dengan ajran islam,,di islam hal hal gaib tdk bs kt mendalami kec allah swt..itu adalah daya tipu setan semata.untuk menjerumuskan umatnya..yang sy tau…semua hal2 gaib manusia tdk mampu melakukanya.apalagi manggil arwah sgl..cb deh tanya ustad yang faseh mengenai ini dan tentunya diikuti da hadist nya…dan smg kt deberikan hidayah nya…amiin.

    1. Yopi Hasopa says:

      terima kasih gan atas tanggapannya :)

  2. fb@kunartojuwana says:

    jembatan angker ,kutai kartanegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *