Minggu kemarin saya pulang ke Ciamis. Seperti biasa kalo saya pulang suka ada aja pasien (laptop) yang harus diperbaiki karena orang rumah gak bisa nanganin sendiri aka “gaptek tea”. Entah itu install ulang OS nya, crash, kena virus, macem2 deh.

Kali ini yang saya tangani laptop Toshiba Satellit C640 yang dengan segala permasalahannya dari dulu. Ceritanya si laptop ini sering panas kalo digunakan lebih dari satu jam, setelah itu tiba-tiba aja suka mati sendiri. Mungkin penyebabnya karena laptop ini memiliki RAM cuma 1GB dan memakai OS 8.1 sehingga laptop dipaksa kerja rodi. Tapi minggu kemarin, RAMnya sudah ditambah jadi 3GB. Namun permasalahan tetap saja muncul. Saya coba install ulang pake Windows XP gagal, karena katanya HDD SATA laptop ini gak support pake Windows XP. Kemudian coba lagi pake Windows 7, hasilnya malah lebih lemot daripada Windows 8. Akhirnya kembali lagi deh pake Windows 8.1.

Dengan begitu, penyakitnya bukan dari software tapi dari hardware. Sempet takut juga membongkar2 laptop, takut gak bisa memasangkannya kembali. Tapi setelah melihat video di bawah ini, secerca keberanian mulai muncul dalam diri ini, hehe 😀

Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya bongkar deh laptopnya. Dan benar saja, saya menemukan hal tidak wajar sekaligus mengerikan. Debu pada kipas dan heat sink sudah menumpuk di sana. Pasta termal prosesor juga udah kering.

kipas heat sink toshiba c640

kipas heat sink toshiba c640

Setelah semua dibersihkan, tidak hanya kipasnya saja. Bagian bawah keyboard, motherboard dan chasing laptop juga harus biar afdoll. Alhamdulillah laptopnya sudah kembali normal, sudah tidak cepet panas. Dipakai berjam-jam juga tetep adem. Buat kamu yang laptopnya sering cepet panas, lemot dan angin yang keliat dari kipas sudah gak terasa menyembur. Itu saatnya kamu perlu membersihkan kipas laptop.

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

Kategori : Tips

One thought on “Inilah Alasan Mengapa Kipas Laptop Perlu Dibersihkan

  1. CAHYO PUTRO says:

    Bermanfaat sekali, terima kasih Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *