Saya rasa cerita tentang pendaftaran online KKN Tematik UPI 2013 ini lumayan menarik untuk ditulis, mau tau ceritanya? Silakan simak ya

Rabu, 22 Mei 2013
Sebelum hari ini sebenernya sudah muncul gosip tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi KKN, namun pihak LPPM belum secara resmi mengumumankan tempatnya. Pada siang hari barulah di web KKN Tematik UPI sudah muncul lokasi KKNnya. Hal yang membuat saya senang yaitu dibukanya tempat KKN di Tasikmalaya karena KKN tahun kemaren tidak ada lokasi KKN di Tasikmalaya. Jarak rumah (Ciamis) ke Tasikmalaya lumayan deketlah, jadi kalo ada waktu senggang bisa bulak-balik dari rumah ke tempat KKN. Banyak juga mahasiswa yang menanyakan mau KKN dimana-dimananya. Dan bahkan menjadi trending topik pertanyaan yang sering ditanyakan minggu itu. Oh, iya mahasiswa juga diwajibkan mengisi formulir cetak nya untuk diserahkan ke LPPM UPI.

Menjelang malam, mahasiswa mulai bersiap-siap untuk melakukan pendaftaran online KKN UPI, karena berhembus gosip pendaftran online akan dibuka pukul 00.00 WIB tanggal 23 Mei 2013. Namun lagi-lagi pihak LPPM tidak mengumumkan secara resmi kapan waktu tepatnya pembukaan pendaftaran onlinenya, hanya mengumumkan akan dibuka tanggal 23 Mei 2013.

Berbagai spekulasi serta gosip bermunculan di sosial media, ada yang bilang dibuka pukul 00.00 WIB, ada juga yang bilang pukul 08.00 WIB dengan alasan mimin baru masuk kerja pada jam tersebut. Ada juga yang bilang pukul 15.00 WIB. Entahlah mana yang benar, saya juga bingung. Menjelang pukul 00.00 akhirnya server UPI tumbang (tidak bisa diakses) karena terlalu banyak trafik. Banyangkan saja ada ribuan mahasiswa yang mereflesh web KKN Tematik UPI terus menerus. Sangat sulit sekali untuk membuka webnya, harus merefresh browser berulang kali, itupun belum tentu terbuka webnya.

Kamis, 23 Mei 2013
Jam sudah lewat 00.00 WIB, namun tidak ada tanda-tanda ada pendaftaran online di web KKN nya. Para mahasiswa terus menerus menanyakan kejelasan waktu pembukaan pendaftaran online ke akun twitter resmi @KKN_Tematik_UPI. Hasilnya tidak ada balasan, mungkin miminnya lagi tidur ngorok lelap bahagia ngasih harapan palsu ke mahasiswa, haha.. 😀

Saya juga tidak mengerti, mengapa pihak LPPM “sengaja” merahasiakan jam pembukaan pendaftaran online KKN. Apakah memang belum siap atau ada masalah lainnya, saya juga tidak tahu.

Sekitar pukul 00.30 WIB, mulai ada titik terang dari info yang beredar di sosial media. Yeah, pendaftaran online sudah dibuka di http://lppm.upi.edu/kkn/html/ namun tidak bisa login. Ternyata eh ternyata, itu adalah pendaftaran KKN online tahun 2011 (_ _”).

Jam 01.00 WIB, saya memutuskan untuk tidur saja. Dan meminta teman yang begadang untuk menghubungi saya jika pembukaannya sudah dibuka. Begitu bangun tidur saya terus mandi mengecek web KKN, dan ternyata masih belum dibuka juga. Saya tunggu jam 08.00 WIB sambil kuliah, masih belum dibuka juga. Sekitar pukul 10.30 WIB, pihak LPPM melalui akun twitternya mengumumkan pendaftaran akan dibuka nanti sore, lagi-lagi tidak disebutkan jam berapanya.


Saya tunggu saja sampai sore nanti, sambil stanby di depan laptop. Untungnya saya sudah selesai kuliah, sehingga bisa leluasa mengecek web KKN kapan saja.

Perburuan Tempat KKN Dimulai
Tepat pukul 16.36 WIB, akhirnya pendaftaran sudah dibuka. Dari sinilah perburuan tempat KKN dimulai. Pada awalnya saya tidak bisa masuk ke web KKN, karena yang terbuka bukan web KKN tapi malah web Antologi UPI.

Setelah, merefresh browser beberapa kali, akhirnya web KKN terbuka, langsung saja saya pilih menu login.

login-kkn

Halaman Login Web KKN

dan langsung mengisi form data identitas, tapi sebenernya pilih lokasinya dulu juga gak apa-apa sih. Nah, disini kita harus cepet-cepet pilih lokasinya langsung sebelum orang lain dari jurusan/fakultas kita ada yang masuk duluan sehingga statusnya menjadi not avaible seperti ini:

web-kkn-2

Sudah kebayangkan gimana proses pendaftaran online KKN nya? Diatas saya memilih lokasi di desa Manggungsari Kec. Rajapolah Tasikmalaya 😀

Tips Saat Daftar Online KKN Tematik UPI

  1. Kamu sudah benar-benar fix memilih tema dan tempat KKN yang kamu mau sebelum pendaftaran online dibuka, karena jika tidak kamu akan bingung dibuatnya.
  2. Koneksi internet cepat, biar gak lama buka web KKN nya.
  3. Standby setiap saat di hari-H pembukaan pendaftaran online, karena pihak LPPM tidak mengumumankan kapan waktu tepat dibukanya.
  4. Bersabarlah, karena mungkin kamu termasuk korban PHP masal oleh pihak LPPM 😛
  5. Intinya sih, siapa cepat dia dapat, haha

Udah sekian dulu, sekarang tinggal melaksanakan KKNnya, mudah-mudahan lancar aman jaya sentosa 🙂

Kategori : Kuliah

One thought on “Inilah Kronologis Perburuan Tempat KKN Tematik UPI 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *