Jangan Anggap Susah Fisika!

Ditulis pada 26 May 2011

Kali ini ane mau berbicara tentang jurusan kuliah ane. Dia lah fisika, yang menurut sebagian orang menganggap makhluk ini sebagai sosok yang menakutkan. Sulit untuk dipelajari. Banyak rumus-rumus aneh yang entah itu datangnya dari mana. Konsep materi yang aneh, bahkan gak masuk akal terutama teori relativitas einstein. Dan berbagai kesulitan lainnya..

Sekarang coba untuk mengubah semua pemikiran semua itu. Bayangkan kalo fisika itu menyenangkan, walupun rasanya terasa sulit sih. Sebenernya tidak ada pelajaran yang sulit, ini hanya masalah pandangan/anggapan kita terhadap pelajaran tersebut. Kalo menganggap pelajaran itu mudah, ya pelajaran tersebut akan terasa mudah dan menyenangkan. Tapi kalo kita anggap susah yah pasti makin susahlah pelajaran tersebut.

Banyak juga sih faktor yang memperngaruhinya, tapi saya tidak akan membahasnya di sini. hehe..

Kembali ke Fisika. Fisika sebenarnya mudah sekali untuk dipahami Mengapa? Karena Fisika sangat dekat sekali dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya nih fenomena sehari-hari yang menarik dan berhubungan dengan Fisika :

  1. Tahukan Anda, ternyata bulan memang jatuh ke bumi?
  2. Mengapa di daerah Papua tidak ditemukan Gunung Berapi?
  3. Mengapa kalau kita sedang belajar naik sepeda, kita cenderung jatuh ke sebelah kiri?

Menarik bukan? Silahkan cari tau sendiri yah jawabannya. :D

Begitulah, jadi tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Fisika itu sulit. Yang menganggap sulit atau tidak hanyalah diri kita sendiri.

Curhat dikit nih, sebenernya ane minat masuk jurusanĀ  ilmu komputer, dan gak terlalu minat masuk jurusan fisika :p. Ternyata eh ternyata, ketika ane tanya teman-teman sekelas ane dengan pertanyaan “Apakah Anda memang minat masuk Fisika?” dan rata-rata mereka menjawab “Tidak”. Kebanyakan mereka terjebak/gak disengaja/gak ada pilihan lain/gak diterima di jurusan lain. Senasib lah sama ane.

Sekarang ane sudah masuk “kandang harimau” mau tidak mau ane harus berhadapan sekaligus menaklukkan “si harimau” ini.

Dan kemaren juga ane dan kawan-kawan (Ozie, Tari, dan Eva) melakukan observasi ke SMAN 15 Bandung dan melakukan penelitian di sana di kelas XI IPA 1. Ketika ditanya “Fisika susah gak? Minat masuk jurusan Fisika?” Jawabannya sudah dapat ditebak. Mereka menganggap Fisika itu sulit dan gak ada seorangpun yang minat masuk jurusan fisika. Nah lho..?

Tetapi masih ada juga siswa yang minat masuk jurusan fisika lho :thumbup: , ane dapet infonya dari berita kampus. Inilah dia.

minat-fisikaAlhamdulillah masih ada yang minat. Untuk lebih jelas mengenai infonya,silakan lihat di sini.

Sekian dulu, ane mau belajar dulu buat UAS, sampai jumpa di postingan selanjutnya.. Wassalam… :)

Kategori : Pengalaman

2 thoughts on “Jangan Anggap Susah Fisika!

  1. wkwk ada ga wakil dr snmptn undangan yop ?

    1. Yopi Hasopa says:

      Alhamdulillah ada.. hehe.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *