Sedikit untuk update ini blog, sesuai judul di atas ane akan ngebahas tentang kebiasaan apa saja sih saat kita di Sekolah Menengah (SMP/SMA) yang gak akan dijumpai saat kuliah? Dari rumusan masalah ini mari kita bahas satu per satu. Oh, iya ini hal yang terpenting supaya tiada dusta diantara kita :Peace: . Kebiasaan-kebiasaan ini yang pernah saya alami sendiri, sehingga ane ngambil titik acuan pada sekolah SMP/SMA ane dulu dan kampus ane sekarang. Tiap orang pasti beda-beda pengalaman, tapi kebanyakan sama pernah melakukan kebiasaan seperti ini.

  1. Seragam Sekolah
    Ini yang paling mencolok yang membedakan mana yang masih siswa dan yang sudah jadi mahasiswa. Ya, pakaian seragam. Saat kuliah kita gak harus pake seragam, tapi ada juga jurusan lain yang memakai seragam. Itupun hanya khusus untuk mahasiswa dijurusan itu. Terus ada lagi yang satu Perguruan Tinggi memakai baju yang sama alias seragam. Tapi masih khusus untuk Perguruan Tinggi tersebut. Di SMA kita memakai seragam putih abu, di SMP kita memakai seragam putih biru beserta atribut yang harus dipake. Ini berlaku diseluruh indonesia wajib pake tuh seragam. Kadang saat ane kuliah, rasanya pengen memakai baju itu lagi. Bukan berarti ane pengen kembali lagi ke SMA/SMP, tapi pengen aja ngerasain lagi memakai baju seragam putih abu bareng ama temen-temen. Istilah kerennya nostalgia, bener gak?
  2. Upacara Bendera Hari Senin
    Tiap hari Senin pagi pasti sekolah ngadain tradisi ini, kecuali kalo kita udah kuliah. Tapi mungkin perguruan tinggi tertentu masih mengadakan tradisi ini. Banyak blooper yang terjadi pas upacara dan mungkin gak bisa dilupakan: tragedi bendera kebalik, orang-orang pingsan (terutama cek nih), dan kesalahan para petugas upacara. Tapi banyak juga momen bahagianya : maju ke depan berkat menang lomba, menyanyikan lagu-lagu nasional yang bikin buku ketek kuduk merinding 😀
  3. Razia
    Yang paling ditakutin sama siswa SMA yah ini. Ngedadak ada sidak ke kelas, merazia rambut yang gondrong, seragam yang gak sesuai aturan sekolah, dan razia handphone yang dicurigai menyimpan gambar/video mesum :hammers semuanya gak akan dialamin lagi waktu kuliah.
  4. Menunggu Bel Berbunyi
    Hal yang paling ditunggu-tunggu waktu SMA yaitu bel istirahat/pulang berbunyi. Bel adalah dewa penolong kalo udah mumet sama pelajaran yang gak ngerti atau karena perut laper keroncongan pengen makan/jajan di kantin sekolah. Belajar di atas jam 12 siang bikin otak terasa udah mengeluaran asap. Bel pulang lah yang paling ditunggu, terasa setahun kalo nunggu bel pulang.
  5. Piket Kebersihan
    Piket jaga kebersihan sudah gak ditemui lagi saat kuliah. Di SMA kita harus jaga piket setiap minggunya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kalo saat kuliah ruang kuliah dibersihin sama cleaning service. Jadi buat para mahasiswa, jagalah kebersihan. Ada hal yang sangat riskan sekali yang ane temui di kampus ane sendiri. Mungkin kebiasaan saat di SMA yang suka membuang sampah di kolong meja masih terus terbawa sampai kuliah. Tiap kursi yang ane duduki di kelas, pas ane cek lubang-lubang besi di kursinya pasti ada sampah :nohope:
  6. Ujian Nasional
    Sosok yang satu ini merupakan salahsatu yang ditakuti saat SMA. Takut gak lulus. Padahal soal ujian nasional memang lebih mudah daripada soal ujian masuk perguruan tinggi. Tapi rasa itu pasti datang, tenang saja kalo kita berusaha untuk belajar sungguh-sungguh, InsyaAllah kita bakal lulus dengan nilai yang memuaskan pula. Di Perguruan Tinggi udah gak ada lagi yang namanya Ujian Nasional, jadi nikmatilah Ujian Nasional terakhir di SMA 😀 sebagai gantinya di Perguruan Tinggi yaitu ujian sidang, yang katanya bikin serem :takuts

Ada 6 yah? Yah cukup segitu aja kita bernostalgia dengan masa-masa SMA. Bagi yang masih duduk di Sekolah Menengah, nikmati masa-masa kalian dengan indah. Sesungguhnya kalian tidak akan bisa mengulangi masa-masa itu lagi. 🙂

Kategori : Pengalaman

One thought on “Kebiasaan SMP/SMA Yang Tidak Ditemukan Saat Kuliah

  1. Devikey says:

    Masa2 yang sangat dirindukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *