Kerja Kelompok atau Kerja Sendiri?

Wednesday, 11 May 2011

Kerja KelompokKetika dihadapkan pada sebuah tugas yang harus dikerjakan. Emang tugas kan seharusnya dikerjakan. Bukan cuma dipelototin, nanti gak akan beres-beres tugasnya :nohope:.

Tugas bisa dikerjakan secara kelompok atau secara mandiri. Terkadang kerja kelompok lebih menguntungkan daripada kerja secara mandiri. Tetapi akan lain ceritanya jika kelompok tersebut tidak solid. Lebih mementingkan ego masing-masing. Hal ini memang wajar terjadi pada diri manusia. Disadari atau tidak setiap orang cenderung tidak mau menerima pendapat orang lain, merasa dirinya sendiri paling benar lah, paling pinter lah, paling bijaksana lah, paling berkuasa lah dan paling sok “ter” lainnya.

Inilah yang belakangan terjadi pada ane. Semenjak ane kuliah, ane belum menemukan kelompok yang sesolid ketika ane duduk di SMA. Kelompok yang ane jumpai saat ini lebih mementingkan egonya masing-masing. Tiap kali ane memberikan pendapat, pasti akan ditolak mentah-mentah dan gak akan digubris sama sekali. Ane dianggap sebagai benalu dalam kelompok, tak berguna bahkan menjadi beban bagi kelompok. Pada awalnya seperti berasa manis, lebih mementingkan pendapat bersama. Tetapi ujung-ujungnya saling merasa dirinya paling benar. Hal yang seperti ini yang bikin ane males kalo kerja kelompok, mendingan kerja sendiri saja, terasa lebih bebas ngerjain tugasnya juga.

Ada juga tipe kelompok yang saling mengandalkan. Dan Alhamdulillah saat ini sudah tidak ane temukan kelompok semacam itu. Ya, tapi itu tadi rasa ego yang terlalu tinggi masih belum bisa dihilangkan juga.

Berbeda 180 dejarat, ketika di SMA ane berada dalam kelompok yang sangat solid. Dari kelas X sampe ngerjain tugas akhir di kelas XII, ane ngerasa nyaman dan merasa lebih dihargai. Hasil tugasnya pun sangat memuaskan bahkan  beberapa tugas mendapat acungan jempol dari guru. Sayangnya ane belum menemukan kelompok yang seperti itu sejak ane kuliah. Mungkin kedepan semoga ane bisa menemukan kelompok yang solid :).

Cobalah untuk menghilangkan ego yang terlalu tinggi kemudian hargai pendapat orang lain, jangan arogan dan jangan terlalu idealis juga. Sesungguhnya sifat jelek tersebut akan sangat merugikan.

Kategori : Pengalaman

4 thoughts on “Kerja Kelompok atau Kerja Sendiri?

  1. Saya juga senengnya kerja kelompok. Cepat selesai dan rame aja kalo dikerjain bareng2 jadi ga kerasa berat. Sama nih saya juga sejak kuliah jarang ngerjain kerja kelompok seperti waktu SMA. atau mungkin iklimnya memang sudah beda yah?

    1. Yopi Hasopa says:

      Saya rasa juga begitu. Di kuliahan lebih individualisme daripada ketika di SMA.

  2. Brian says:

    Beda ceritanya kalo temen sekelompoknya gak bisa diandelin gan, yang gak nyelesaiin bagiannya tepat waktu…
    Waktu SMA sering saya dapet temen2 kelompok kayak gitu, jadi ujung2nya saya juga yang ngerjain…
    sampe kuliah ini pun, kalo kerja kelompok gue tetep ngandelin diri sendiri deh jadinya

    1. Yopi Hasopa says:

      saya juga sering males kalo dalam kelompok saling mengandalkan kepada salah satu orang saja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *