buku fisika dan tas

Yeah, kali ini saya mau flashback tentang kuliah di semester 1. Kuliah di jurusan Pendidikan Fisika – Universitas Pendidikan Indonesia banyak suka dan duka. Banyak hal-hal seru, senang, sedih, capek, galau, lucu, pokoknya campur aduk deh. Saya akan bahas per mata kuliah yang saya kontrak. Penasaran? Mari simak tulisan di bawah sama-sama. 🙂

Bahasa Inggris

Dari semua mata kuliah yang saya kontrak di semester 1, mata kuliah inilah saya mengalami kesulitan. Basic skill bahasa inggris saya yang kurang menjadi penyebabnya. Pada akhirnya saya kurang menyukai mata kuliah ini, karena kesulitan tadi. Saya jalani selama satu semester, dan hasilnya bisa di tebak. Nilainya kurang memuaskan, tapi sudah cukuplah bagi saya. Ke depannya mungkin bisa menjadi motivasi bagi saya untuk lebih bisa menguasainya, karena kemampuan ini sangat dibutuhkan kelak

Statistika Dasar

Yang namanya statistika sudah tidak jauh lagi berhubungan dengan data. Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favorit saya. Bahan materinya mudah dipahami dan dimengerti. Oh iya, buku yang saya gunakan untuk mata kuliah ini adalah buku Sudjana.

Landasan Pendidikan

Mata kuliah ini termasuk ke dalam kelompok Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP). Semua jurusan dengan titel “pendidikan” wajib mengontrak mata kuliah ini. Tak ada yang istimewa di mata kuliah ini. Di setiap pertemuan hanya presentasi dari mahasiswa, diskusi, kemudian bikin makalahnya.

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Udah pada tau kan dari SMA juga tentang mata kuliah ini. Ya, gak jauh beda sih. Tiap pertemuan melakukan olahraga. Untuk UTSnya yaitu test kebugaran (sit up, push up, lari, dll), dan UASnya mengikuti outbound. Kemudian ada tugas juga membuat makalah manfaat olahraga dan permainan dalam olahraga.

Matematika Dasar

Mungkin materi di dalam mata kuliah ini hampir sama kayak di SMA lah. Kebanyakan materinya ngambil dari kalkulus. Dosennya juga tegas tapi suka ngelawak juga, haha… Gak boringlah… Semua jurusan di FPMIPA wajib mengontrak mata kuliah ini tanpa kecuali, hehe…

Fisika Umum

Fisika, mata kuliah favorit saya banget. Dari SMA juga saya suka Fisika. Dan akhirnya saya menjadi mahasiswa di Fisika juga. Kerenlah di mata kuliah ini, bisa membuka pengetahuan “lebih” daripada di SMA. Menguak konsep-konsep fisika yang salah kaprah ketika di sekolah menengah. Menambah pengetahuan juga yang belum saya ketahui sebelumnya. Dosennya juga enak menjelaskan materinya.

Untuk tugasnya, harus ngerjain soal-soal tiap BAB yang telah dibahas. Buku yang dipake yaitu Conceptual Physics. Nilai yang saya dapat untuk mata kuliah ini, alhamdulillah memuaskan. 🙂

Kimia Umum

Nah, untuk mata kuliah ini gampang-gampang susah. Kenapa? Karena menurut saya materi awal-awal masih bisa saya kuasai karena materinya gak jauh beda sama materi di SMA. Tapi lama-kelamaan materi makin rumit, makin bingung saya. Meskipun demikian pada akhirnya saya bisa melewatinya dengan baik.

Biologi Umum

Hmm.. saya rasa mata kuliah inilah yang bikin saya tidur di kelas. Materi yang disampaikan dengan cara ceramah membuat saya ngantuk terus, ditambah lagi jadwal kuliahnya sore. Makin memperparah keadaan saja, huuhh…

Saya dan teman saya sering membawa permen ke dalam kelas untuk mengurangi ngantuk, kadang-kadang juga saya suka minum kopi dulu agar tidak mengantuk di kelas. Tapi rasa ngantuk bisa hilang ketika dosen memberikan joke nya, setelah itu ya ngantuk lagi, hehe… Pada akhirnya semua berjalan dengan baik.

***

Nah itu sedikit flashback tentang semester 1. Memang tak semuanya saya ceritakan karena saya sudah lupa-lupa ingat. Kecara keseluruhan semuanya berjalan dengan baik, walau saya harus mengikuti ujian susulah dibeberapa mata kuliah karena waktu itu saya sakit selama 2 minggu. Semester ini bisa dibilang semester yang “nyantai” karena materi beberapa mata kuliah seperti Matematika Dasar, Fisika Umum, Kimia Umum dan Biologi Umum sudah saya pelajari ketika SMA.

Ya, segitu saja, semester yang sungguh luar biasa. Sampai jumpa di semester selanjutnya… 🙂

Kategori : Kilas Balik

120 thoughts on “Kilas Balik Kuliah Semester 1 Pendidikan Fisika

  1. Ditta Audia Roza says:

    ka .. mv ya , banyak org yang kurang faham akan Fisika (tdk faham dlm mengerjakan soalnya) . tp mereka sangat menyukai Fisika . begitu hal nya dg saya … 😀 saya sudah memilih PTN di UPI dn UNY salah satu prodi yg saya ambil dikedua PTN tsb ada yg Pend. Fisika dn menjadi pilihan pertama 🙂 doain ya ka

    1. Yopi Hasopa says:

      kuliah di fisika sangat menarik dan menantang. Kita bisa tahu semua fenomena di alam bisa dijelaskan secara ilmiah dan logis…

      semoga diterima di jurusan fisika, saya doakan 🙂

  2. kamikaze says:

    saya jg mau masuk pend.fisika tahun dpan niatnya ke Upi. Doain y kak.

    1. Yopi Hasopa says:

      Semoga jadi mahasiswa penddidikan fisika, ditunggu di UPI. Amien.. 🙂

  3. nuristi says:

    masuk fisika banyak susah nya gak sih? aku mau ngambil jurusan fisika tapi…….banyak yg bilang masuk jurusan itu bikin ga bahagia.
    aku suka fisika, well dari semua pelajaran eksak, but not really. jadi masih ragu harus gimana?
    bisa kasih pendapat/saran???

    1. Yopi Hasopa says:

      Masuk jurusan fisika tak seseram yang kelihatannya kok. Orang-orang yang bilang masuk jurusan fisika bikin gak bahagia itu salah, justru kita bisa bahagia karena kita bisa menguak peristiwa alam serta mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

      Saya sendiri yang biasa-biasa aja (maksudnya tidak terlalu suka) dengan fisika bisa hidup sampai sekarang. Saya bisa menikmati waktu liburan, bahkan UTS/UAS saya jalankan dengan santai. Adapun kesibukan di jurusan fisika yang menyita tenaga serta waktu, saya rasa di jurusan yang lain juga sama seperti itu. Tidak ada jurusan yang enak atau tidak enak, itu semua tergantung kita yang menjalaninya.

      Intinya kuliah di jurusan manapun adalah hal baik karena sama-sama menuntut ilmu. Dan enjoy tapi serius untuk kuliah. Semoga membantu 🙂

    2. nuristi says:

      iya jugasih. ga ada kuliah yg selamanya enak terus.
      makasih ya. comment nya sangat membantu :))

  4. Indah says:

    Kak, saya mau ambil jurusan pend.fisika…. tapi banyak yg bilang, lebih baik ambil yg di fmipa. Nah, apa kakak bisa kasih tau ke sy apa bedanya? Makasih….

    1. Yopi Hasopa says:

      Masalah bagus tidaknya saya tidak bisa menilai, tapi saya jelaskan sedikit perbedaannya:

      Pendidikan Fisika, nantinya jadi guru Fisika, ilmu fisika yang dikaji tidak terlalu dalam karena digabungkan dengan ilmu keguruan.

      Fisika, nantinya jadi peneliti misalnya bekerja di LIPI, ilmu fisika yang dikaji lebih mendalam karena fokus kepada ilmu fisikanya.

      Kamu tinggal pilih mau jadi guru atau peneliti? Semoga membantu 🙂

    2. Indah says:

      Guru!!! Soalnya saya mau mendidik anak2 didik saya supaya ga kayak saya dulu. nananaaaa lagi berapi-api nih saya. SEMANGAAAT! (9’O’)9 Tunggu saya di upi kak \(‘-‘ semangaaaat semangat! Terimakasih kak….

    3. Yopi Hasopa says:

      Saya tunggu 🙂

  5. elok says:

    aku sekarang udah resmi jdi mahasiswa FKIP fisika… Tapi pelajaran fisika ngak segitu taunya ketimbang mtk…. Nekat soalnya penasaran, pengen banget bisa ngertiin ne pelajaran. Gimana ya caranya belajarnya yang bisa dibilang pemula… ??!!

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo saya justru kebalikannya. Fisika lebih enak dipelajari karena mempelajari konsep alam, kalo mtk murni saya kurang mengerti kalo gak diaplikasikan ke konsep dan hanya persoalan hitung-mengitung angka saja 😀

  6. Yulia Olivianti says:

    Kak cita2 saya jadi dosen, insa Allah… kira2 mendingan ngambil jurusan pend. fisika apa fisikanya aja? saya maunya di upi aja 😀

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo niat kerja di dunia pendidikan lebih baik ambil yang jurusan pendidikan fisika. Di UPI jurusan non-pendidikan tergolong masih baru, sedangkan yang pendidikan udah dari dulu. Tapi bukan berarti yg non-pendidikan jelek ya 🙂

  7. Yasmine says:

    Aku tuh paling suka itung2an daripada hafalan. Jadi suka juga sama fisika. Apa dengan alasan suka saja bisa ngambil jurusan pend. Fisika ? Kasih solusi dong

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo suka itung-itung dengan konsep fisika (fenomena alam) mending ambil pend. fisika, tp kalo lebih suka itung-itungan saja (murni) ambil pend. matematika.

      Alasan suka menjadi salah satu faktor pertimbangan kamu ngambil jurusan apa. Semoga membantu 🙂

  8. dien says:

    Kak saya mau masuk pend.fisika tp msh bingung pilih di unj atau upi ya kak ? Makasih kaaaak

    1. Yopi Hasopa says:

      Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan pilihan:
      – Biaya SPP Semester (jalur masuk, beasiswa, dll)
      – Biaya hidup (makan, kost, hiburan, dll)
      – Akreditasi Program Studi (silakan cek di http://ban-pt.kemdiknas.go.id)
      – Berdoa semoga dapat pilihan yg terbaik

      Semoga membantu 🙂

  9. dien says:

    Okee tp sbnrnya sih pengennya di upi kak , hehe makasih kak doain ya kaa 😀

    1. Yopi Hasopa says:

      Amiin… ditunggu di Fisika UPI 🙂

  10. Dian says:

    Kang, boleh minta daftar mata kuliah apa aja yang bakal di pelajari dari semester 1-8 gak sama buku karya siapa aja yang akan dipakai ? aku udh masuk p,fisika upi tp belum tau yang bakal dipelajari semester 2 apa aja 🙁 terus matfis itu bukunya ada yang b.indonya gak kang.

    1. Yopi Hasopa says:

      Wah, selamat sudah masuk P. Fisika UPI 🙂

      Untuk daftar mata kuliah yg bisa dikontrak nanti setiap mahasiswa dikasih buku kurikulum lengkap kalo belum dikasih silakan tanyakan ke jurusan/fakultas. Buku matfis yg digunakan sebagai referensi utama adalah buku Mari L. Boas yg berbahasa inggris, namun ada juga buku pendamping yg ditulis oleh Bu Roswati (dosen matfis), isinya mirip2 lah sama buku Mari L. Boas.

      Tp kembali lg pada kebijakan dosennya, tiap dosen terkadang suka memakai referensi yg berbeda, ada buku, modul, lks, slide powerpoint sebagai bahasan materi kuliah.

  11. dien says:

    Kak , katanya sekarang di jurusan pendidikan itu kuliahnya 5 tahun apa itu bener kak ?

    1. Yopi Hasopa says:

      dapat info darimana? Lama kuliah itu relatif, ada yg cepat ada yang lama. Paling cepat bisa 3,5 tahun (7 semester) selesai, asal udah ngontrak 144 SKS udah bisa nyusun skripsi terus ujian sidang terus wisuda.

  12. gandring says:

    kak mau nanya sedikit ,, apa bisa jurusan fisika murni mengajar di sekolah sekolah menengah,, terus dalam segi keilmuannya lebih baik fisika murni atau p.fisika saya minat di UPI p. fisika tapi apa lebih dalem di fisika murninya masalah kedalaman pembelajaran ilmunya?

    1. Yopi Hasopa says:

      Bisa saja fisika murni mengajar di sekolah, tapi harus ada akta mengajar dulu. Kalo tujuannya untuk mengajar di sekolah lebih baik ambil yg pendidikan karena gelar S.Pd. sudah dapat akta mengajar. Dari segi keilmuan fisika lebih dalam yg murni daripada yg pendidikan. Jika ingin lebih dalam mempelajari ilmu fisika di prodi pendidikan, silakan untuk menambah jumlah SKS dengan mengontrak mata kuliah “fisika murni” nya lebih banyak.

      Ditunggu di pendidikan fisika UPI ya, semoga diterima 🙂

  13. Ayda Fauzi says:

    kak, saya suka hitunghitungan tapi terkadang saya lupa lupa ingat rumus, solusinya gimana ya?
    saya juga kadang kesulitan menganalisa soal apa bisa jadi guru fisika ya?

    1. Yopi Hasopa says:

      Saya juga termasuk orang yang kemampuan mengingat biasa-biasa saja kok. Belajar konsep fisika tidak semuanya tentang hitung2an matematis, asal kita kuat dengan konsep fisika nanti juga ingat dengan rumusnya. Biasanya kalo saya lupa rumus, tinggal turunkan saja rumusnya, hehe…

      Tentang cara penurunan rumus2 yang bertebaran di buku fisika sekolah menengah, nanti akan kamu pelajari kok pas kuliah, semangat ya jadi guru fisikanya 🙂

  14. Umi kalsum says:

    Kak lau pend fisika bisa jadi guru.tpi kalo fkip fsika bisa juga gak kak?
    Tolong beri sarannya ya kak.

    🙂

    1. Yopi Hasopa says:

      Bisa, FKIP sama saja dengan pendidikan. Di perguruan tinggi tertentu menggunakan nama “FKIP”, kalo di UPI menggunakan nama “Pendidikan”. Hanya masalah penggunaan nama saja kok.

  15. yusri says:

    assalamualaikum
    kaa kan aku ikut snmptn alhamdulilah keterima di unsoed jursn fisika murni,kya gmna sihh proses pembljrannya , trus prospek kerjnya entar gimna ? aku masih raguu nerima jrusan ini ,tolong beri sarannyaa.
    terimksihh

    1. Yopi Hasopa says:

      Selamat ya sudah keterima di Unsoed 🙂

      Kalo untuk pembelajarannya mungkin berbeda kurikulum dengan di UPI, namun pada umumnya akan belajar fisika teori maupun praktek di laboratorium. Fisika murni ada beberapa cabang lagi sebenernya, nanti kamu tinggal pilih mana yang cocok.

      Untuk prospek kerja sebenernya fleksible ya, bisa kerja di lembaga penelitian seperti LIPI, dll. Untuk lebih jelasnya saya sarankan untuk menghubungi orang-orang yang sudah masuk jurusan fisika murni di Unsoed kalo masih ragu.

      Sukses ya 🙂

  16. yusri says:

    kaa bnyak gk sih cwe yang masuk jrusan fisika murni ?

    1. Yopi Hasopa says:

      banyak kok, sama aja banyaknya kayak cowok.

  17. elsa says:

    kesibukan kaka setelah lulus kuliah kini apa ka ?

    1. Yopi Hasopa says:

      saat ini lagi ngerjain projekan 😀

  18. lintang says:

    ka, saya mau nanya kalau di upi pdd. fisika masih tetap mempelajari biologi dan kimia ? makasih ka

    1. Yopi Hasopa says:

      Iya masih, dipelajari di semester awal. Semua prodi di FPMIPA wajib mengontrak mata kuliah matematika umum, fisika umum, biologi umum dan kimia umum.

  19. intan says:

    kak mau tanya nih,aku kan ngambil pend.fisika tapi waktu kelas 1 sama klas 2 SMA nggak trlalu minat tpi wktu kelas 3 aku baru nih minat di fisika tapi aku masih agak ragu nih kak kalo nanti aku ngambil di pend.fisika itu susah untuk di pelajari .kasih sarannya dong kak
    terimakasih

    1. Yopi Hasopa says:

      Gak usah ragu, apalagi kalo udah minat. Fisika gak sesulit yang kebanyakan orang lain katakan, malah nanti kalo masuk pend. fisika banyak hal yg menarik dipelajari, nanti kamu akan tau apakah konsep2 fisika yg dipelajari selama duduk dibangku sekolah menengah udah benar atau malah salah kaprah 🙂

  20. intan says:

    apa kalo masuk di pend. fisika itu harus banyak” ngafalin materi atau rumus kak?

    1. Yopi Hasopa says:

      Gak banyak kok, tinggal apalin aja rumus utama, nanti tinggal turunin sendiri rumus turunannya. Rumus2 yg bertebaran di buku sekolah menengah kebanyakan adalah rumus turunan.

  21. deni says:

    kalau polisi kuliah di pendidikan fisika gimana yaa…??

  22. Dwi Putri says:

    ka doakan ya aku pgn bgt jd mahasiswa pend fisika upi. sbnrnya aku tuh gak bisa bisa amat tentang fisika tapi aku tuh pngen bisa dan kalo belajar fisika itu lebih asik dibandik pel lain hehe. semoga aku keterima ya lewat jalur SBMPTN aamiin

    1. Yopi Hasopa says:

      Saya doakan semoga masuk ke pend fisika upi. Sukses ya 🙂

  23. Ginanjar Ramadhan says:

    Assalamu alaikum. Kak, saya kemarin waktu SBMPTN ngambil Teknik Elektro UNDIP, Pendidikan Fisika UNNES, sama Pendidikan Teknik Elektro UNNES. Berbau fisika semua. Aku dulu waktu kelas X,XI sneng banget sama Fisika. tapi waktu klas XII karena mungkin faktor guru, jadi rada susah. Aku bener2 sulit waktu itu untuk belajar fisika. Untung saja aku ikut les di tmpat yang guru wkt klas X,XI ngajar aku. Jadi sedikit2 masuk. Gimana yah kak biar bisa ngilangin rasa trauma sebel sama fisika gara2 guru klas XII itu? Terima Kasih kak mohon doanya juga ya kak agar diterima 🙂 Aamiin

    1. Yopi Hasopa says:

      Yang penting tekadkan diri buat mempelajari fisika, nanti setelah masuk perguruan tinggi banyak dosen2 yang menyenangkan dan berbeda cara mengajarnya ketika kita belajar fisika di sekolah menengah. Lama-lama jg nanti bakal lupa sama trauma. Semangat.

  24. tito banunaek says:

    ka’ mau nanya , fkip fisika materinya rumit2 ngak ka,?? soalnya saya lulus fkip fisika di undana,tp kemampuan fisika saya ngak sberapa ka’

    1. Yopi Hasopa says:

      sulit mudahnya relatif ya, kalo menurut saya sih sama saja ketika kita belajar di SMA, cuma lebih fokus belajar yg berkaitan dengan fisika.

  25. Dewiarmitha says:

    HAlo kak.Aku juga baru maba di pendidikan fisika nih.Gimana asiknya? Ahh,nggak bikin botak kan seperti yang dianggep orang banyak?

    1. Yopi Hasopa says:

      jalanin aja dulu, nanti baru kerasa asyiknya dimana 😀
      gk akan bikin botak kok, paling cuma rontok beberapa helai, hehe… *becanda*

  26. Puja asni wahyu says:

    Assalammu’alaikum kak, mau nanya, kalau untuk semester 1 itu pelajaran yg dibahas itu seperti apa yaa kak?dan cara belajar nya gmna?

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam…
      untuk semester 1 pelajaran (mata kuliah) tidak jauh beda dengan yang diajarkan di SMA. Daftar mata kuliahnya ada di atas. Untuk cara belajarnya biasanya dibagi kelas setiap jurusannya, masuk ke kelas jika hanya ada jadwal kuliah aja.

  27. Puja asni wahyu says:

    Kalau mau masuk jurusan ini emang harus hebat fisika dulu yaa kak?harus ikut olimpiade olimpiade gitu yaa kak?

    1. Yopi Hasopa says:

      gak harus yang hebat fisika jg bisa masuk kok, gk harus ikut olimpiade jg. Yang penting di SMA-nya jurusan IPA.

  28. alvin says:

    kak… saya jurusan fisika murni… gimana caranya kalo saya mau ngajar sekolah menengah ?

    1. Yopi Hasopa says:

      bisa aja, cuma untuk kelanjutan karir ke depannya agak susah kalo gak ada akta/sertifikat mengajar.

  29. dien says:

    Kak, buku fisika Tipler nya dijual nggak ? Hehe

    1. Yopi Hasopa says:

      nggak, beli di toko buku juga banyak… kalo mau harga miring, tinggal beli yg bekas. Toh isinya sama aja 😀

  30. dyah says:

    kak, tahun ini saya jadi maba fisika murni. selama saya sma, apa yang saya ingin kuliahkan nantinya bukan fisika murni tapi ternyata Tuhan ngasih jalan yang terbaik buat saya mungkin disini.
    Boleh minta saran atau pesan2 gitu nggak kak buat aku? aku bener2 buta arah sama jurusan ini (selain untuk prospek kerja, krn saran prospek kerja udh bertebaran digoogle hehe), dan juga kakak kelas aku sebelumnya belum ada yang pernah mendaftar difisika mipa, teman2ku pun tidak ada yang difisika mipa. target aku dari kecil aku harus dapat ip 3 tiap semester saat kuliah nanti, kiat2 apa yang harus aku lakuin ya kak biar target aku tercapai? terima kasih:)

    1. Yopi Hasopa says:

      Tips dari saya mulailah dengan tidak menganggap fisika sulit. Asal kamu rajin dan telaten insyaAllah dapat IP di atas 3 bahkan cumlaude. Intinya jangan malas dan jangan lupa berdo’a + beribadah biar hati menjadi tenang serta segala urusan dilancarkan.
      .
      Jalin silaturahmi dengan baik dengan teman satu angkatan, kakak/adik tingkat, dosen, TU jurusan/fakultas maupun orang2 di jurusan lain karena itu sangat amat membantu. Mungkin sekarang belum ada gambaran “buta arah” dengan jurusan fisika, namun ketika kamu sudah menjalani kuliah nanti bakal tahu apa yang harus kamu lakukan kok, tenang saja 🙂

  31. RISMAN says:

    Kak,saya kuliah di universitas terbaik ke 2 di indonesia timur jurusan pend.fisika saya mau bertanya sama kk apa bisa?

  32. RISMAN says:

    yg manakah duluan di kembangkan teori sama hukum, dan bagaimna pengplikasiaanya pada mahasiswa secara rinci

  33. ruangguru.com says:

    wah kuliah pendidikan fisika ternyata masih harus ikut mata kuliah olahraga juga ya hehe

  34. fatimah says:

    Assalamu’alaikum, kak aku masih kelas x dan udah punya niat untuk kuliah pend. fisika soalnya menurutku fisika asyik dan dari smp jg suka sm fisika, aku penginnya bisa jadi dosen kalo ngga ya guru fisika. tapi tadi aku baca artikelnya kk ternyta di sem. 1 masih mmpljari kimia ya? Aku lumayan kesulitan sm mapel kimia di sma sekarang padahal masih kls x sem.1 ,,, boleh minta sarannya kak?
    Trus PTN favorit utk pend. fisika mana aja ya?

    1. Yopi Hasopa says:

      kimia cuma ngontrak satu semester kok, semester selanjutnya udah gak ada kimia lg. Untuk PTN, rekomendasinya masuk ke PTN yang dulunya IKIP (kalo mau jd masuk jurusan pendidikan), bisa di cek di sini –> https://id.wikipedia.org/wiki/Institut_keguruan_dan_ilmu_pendidikan

  35. Firda says:

    ka kalau mau kuliah di pendidikan fisika upi basic bahasa inggrisnya harus bagus ga?

    1. Yopi Hasopa says:

      gak harus, tp lebih baik bisa sih, hehe…

  36. Nimas says:

    kak saya salah satu mahsiswa pend. fisika dan skarang udh smester 3 jalan smster 4 kak, tapi selama 3 semester ini kak aku belum bisa memahami konsep dan juga cara mengerjakan soal fisika dengan baik. Padahal sebelum ujian udh belajar kak nyelesaiin soal yg berkaitan, tapi pas ngerjain soal ujian nge bluur semua tuh materi yg udh dipelajari sblumnya. Mohon masukkannya kak

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo ngeblank pas ujian solusinya:
      1. banyakin latihan ngerjain soal (ini yg penting)
      2. jika materi terlalu banyak, prediksi soal yang kemungkinan keluar di ujian.
      3. catat dan hapal poin2/konsep2 pentingnya.
      4. gunakan logika berpikir jika sulit untuk menghapal.
      5. berdoa.

      sebenernya setiap orang mempunyai strategi tertentu dalam menghadapi ujian/test, ada yang cukup dengan menghapal saja, ada yang banyak latihan soal, ada yang hanya dari pertemuan kuliah dia udah bisa, dll. Intinya kamu sendiri yang tahu dimana titik kelemahan dan kelebihan saat menghadapi ujian. Belajar dari ujian2 sebelumnya, jika suka lupa konsep, perkuat konsep tersebut berulang2. Biasanya sesuatu yang berulang akan mudah untuk diingat dan dipahami.

  37. lestari says:

    Assalamualaikum.
    Kak mau tanya, kaka dulu masuk pend.fisika lewat jalur apa ya?
    Emang pend.fisika upi banyak pemimatnya ya kak? 🙂

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam..

      dulu saya masuk jalur PMDK. Untuk jumlah peminat dll silakan lihat infografis di sini –> http://pmb.upi.edu/infografis/

  38. Firdha says:

    Kak, aku berminat masuk di jurusan pendidikan Fisika UNM Makassar. apa pelajarannya semua sama yah di semester awal seperti yang kakak katakan ? Terus gimana sih supaya mendapa ipk di rata rata 3 ??

    1. Yopi Hasopa says:

      Untuk mata kuliah tergantung kurikulum yang digunakan program studi di Perguruan Tinggi-nya. Kurikulum, Silabus, dll biasanya dipublish di website resmi jurusan/prodi, silakan dicari. Untuk mendapatkan IP di atas 3, asal rajin + strategi + doa bisa terwujud. Gak harus pinter2 amat untuk meraihnya.

  39. Ayu Rizkia says:

    Assalamu’alaikum ka.. Ka saya mau nanya dong. Sya skrng klas 12, sya udh fix bgt pngen ikut snmptn ke jurusan pend. Fisika upi. Tpi, hal yg bkin sya sedih,, nilai rata2 saya untuk mapel fisika hny 85. Dan mtk, bio, kimia sekitar 82. Kira2, mnurut kaka pluang msuknya bgaimana? Trimakasih sblmnya ^_^

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam..
      .
      untuk masuk ke pend. fisika terbuka sangat lebar, nilai rapot tidak mutlak menentukan masuk tidaknya. Banyak jalur untuk masuk ke UPI, ada jalur undangan, snmptn, SM-UPI. Jangan putus asa, semangat terus. Info –> http://pmb.upi.edu/ Untuk peluang masuk bisa dilihat infografik penerimaan tahun kemarin –> http://pmb.upi.edu/infografis/

  40. Bunga says:

    Assalamu’alaikum ka yopi , aku mau nanya nih. Aku skrg udh kelas 12 .kebetulan aku lumayan suka fisika dan berencana masuk MIPA fisika tapi takut ntar susah jalaninnya — apakah banyak hambatan jadi mahasiswa MIPA fisika ? Ap tugasnya banyak trus rumusnya serem”? makasih .

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam..
      .
      kalo kamu memang sungguh2 ingin masuk ke fisika, semua hambatan bakal ada jalan keluarnya kok. Semua jurusan punya kenunikan tersendiri, masuk jurusan ini atopun itu sama saja, hambatan selalu ada namun tergantung kita menghadapinya bagaimana. Intinya kamu yg memilih ingin kuliah jurusan apa, kamu juga yg harus menghadapi segala macam hal baik dan buruknya. Untuk semester2 awal memang agak berat, mungkin karena belum terbiasa, namun untuk semester selanjutnya relatif lebih ringan, mungkin karena sudah biasa. Semoga membanu.

  41. Anggi says:

    Assalamualaikum kak, aku mau tanya nih, skrang kan aku udah kelas 12 aku mau coba2 ambil fisika murni di um malang kak. Apa fisika murni kebanyakan hitungannya kak ? Soalnya aku ga trllu suka hitungan tpi aku suka dan minat sama fisika kak. Mhon sarannya kak trmkasih

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam..
      .
      untuk hitungan matematika mau tidak mau pasti ada dan banyak, namun ketika hitungan akan terasa mudah jika digabungkan dengan konsep fisikanya.

  42. Dini Lestari says:

    Kak, aku niatnya tahun ini mau ngambil pend. Fisika di uny. Waktu kelas 10 dan kelas 11 aku gak suka yg namanya fisika, tapi aku suka banget itungan. Tapi pas kelas 12, aku jadi suka fisika. Jujur aja, aku agak ragu, kira-kira aku bisa gak ya di jurusan itu, karena mungkin di luar sana masih banyak yg lebih pinter dibanding aku. Kira-kira menurut kakak aku harus gimana? Oya kak, kalo ngambil pendidikan fisika kita wajib ngambil matkul olahraga?

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo udah punya kemampuan berhitung akan lebih mudah lg, tinggal untuk memahami konsep fisikanya saja. Tidak perlu menjadi pinter, tapi jadilah orang yang rajin. Mata kuliah olah raga wajib dikontrak untuk semua jurusan di UPI, tp tergantung kurikulum yg dipakai di perguruan tinggi nya jg.

  43. yemima says:

    Kak..kalo di fisika itu kita belajar asal mula rumus2 yang dipelajarin pas SMA ga sih kak?

    1. Yopi Hasopa says:

      iya, dipelajari.

  44. Dwi Prastiwi says:

    Kak, mau tanya kak. Adakah teman kakak yang awalnya tidak terlalu menyukai fisika, tapi masuk pend. fisika ? Karna Saya suka sama fisika baru kelas 12 ini kak. Saya jadi tertantang untuk masuk fisika karena saya penasaran sama fisika.
    Kira2 kalau gitu berani ga ya kak masuk ke pend. fisika ?
    Maaf kak, malah curhat.

    1. Yopi Hasopa says:

      ada..banyak malahan, hehe..
      .
      kalo udah mulai tertarik itu bisa jadi buat modal untuk menjalani proses kuliah di jurusan fisika. Selebihnya tinggal berusaha, rajin dan berdoa saja..

  45. Dafrida says:

    Assalamualaikum kak..
    mau tanya kak, aku ini dari SMK kesehatan, bisa di bilang fisika smk itu hanya kulit saja di banding fisika di SMA. Saya suka ka sama fisika selama di smk. Tp kata orang, saya suka karna fisika smk mudah tidak seperti fisika SMA. Saya lolos snmptn pend. fisika ka di untirta. Menurut kaka, nnti saat awal masuk kuliah, apa saya akan sulit mengikuti materi? Semua materi di SMA dan SMK akan di bahas dari awal lagi gak ka? saya takut ka, takut seperti cangkang kosong di kelas, karna jauhnya perbedaan materi saat SMK di banding SMA. Makasih kak

    1. Yopi Hasopa says:

      waalaikumsalam..
      .
      selamat ya sudah diterima di pend fisika untirta 🙂
      pada saat semester awal nanti kamu ngontrak matakuliah dengan materi yang mirip2 fisika SMA, jadi jangan khawatir tidak bisa mengikuti, kamu bisa belajar disitu. Kebanyakan materi fisika SMA akan dipelajari lg di fisika umum dan fisika dasar. Fisika di SMA gk begitu dalam kok materinya, asal kamu rajin belajar pas semester awal, insyaAllah kamu bisa mengikuti pada semester2 selanjutnya.

  46. nit says:

    Kaki Utah tingkat berapa? Di unnes juga ka?

    1. Yopi Hasopa says:

      aku udah lulus, di UPI.

  47. Icha says:

    Kak mau nanya soal um upi itu gimana? Susah ga? Atau sama kayak sbmptn? Butuh gambaran huhu

    1. Yopi Hasopa says:

      secara umum sama saja seperti sbmptn, udah dibaca panduan ujian masuknya belum?

  48. Lisa says:

    Kak mau nanya olahraga nya ada renang nya gak? *maaf kalo gak penting banget pertanyaannya hehe

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo pas kuliah dulu tidak ada renang, tp semua tergantung kurikulum dan dosennya jg. Kalo memang tidak bisa renang bisa meminta kebijaksanaan dosen, tinggal bilang aja dengan memberikan alasannya.

  49. Nanda says:

    Ka mau nanya, aku masuk ke fp fisika tapi waktu sma belajar fisika nya masih ada yg belum begitu bisa, nanti di kuliah diajarin lagi? Atau gimana? Agak takut kalo ga bisa atau tertinggal

    1. Yopi Hasopa says:

      iya nanti diajarin lg di fisika umum dan fisika dasar.

  50. Arina says:

    Kak, saya prodi pend.fisika, boleh sharing dong kak buku buku yg bagus yg mendukung prodi? oiya satu lagi kak,saya ingin sekali kelak bisa melanjutkan ke strata 2/3 kira kira ambil jurusan apa dan dimana? Makasih.

    1. Yopi Hasopa says:

      Untuk buku mata kuliah, silakan gunakan buku rekomendasi dari masing2 dosen. Buku rekomen S1, buku dari penulis Tipler (fisika dasar) dan Mary L. Boas (matematika fisika). Untuk lanjut ke pasca sarjana/S2, bisa ambil jurusan pendidikan fisika S2 di SPs UPI.

  51. Deska Natalia says:

    Kak mau nanya dong,saya ragu ingin pengambil jurusan fisika tp orng tua saya pengennya di pend fisika sedangkan saya lebih cenderung ke pend matik, pandangan saya adalah takutnya gak bisa kelar kuliah kak takut gagal takut gak bisa , soalnya SMA gak semua materi fisika aku bisa . Sarannya dong kak terimakasih

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo kamu pengen ke p.matematika, coba yakinkan orang tuamu dulu.. sampaikan kepada ortu dengan baik dan berikan alasan kenapa kamu pengen ke p.matematika. Tanya jg kepada ortu, mengapa ortu lebih pilih p.fisika. Pasti ada alasannya.

  52. fahru says:

    Mau tanya kalau dulu waktu SMA saya jurusan ips apakah tidak masalah sekarang sy kuliah jurusan pendidikan fisika.?

    1. Yopi Hasopa says:

      masuk ke pend fisika harus dari SMA IPA, kalo IPS tidak bisa masuk persyaratan.

  53. Festi Kristina says:

    Kak aku mau nnyak ini,aku pengen masuk jurusan pend. Fisika tapi aku ragu kk soalnya waktu SMK jurusanku MULTIMEDIA bkan fisika bahkan pun saya tdk pernah mempelajarinya semenjak Smk.. gmna donk kk, kasih solusi donk kk, apa aku bisa ambil jurusan itu?? Karna jujur aja kk aku gak pernah mengerti tantang fisika tapi aku pengen ambil jurusan itu diperguruan tinggi hanya aja keraguanku skarang ya itu karna slama Smk kmi tdk pernah mempelajarinya.

    1. Yopi Hasopa says:

      jika keinginan untuk masuk jurusan pend. fisika sangat besar, saya rasa kamu pasti bisa. Sebenernya nanti pas awal2 kuliah bakal memperlajari konsep2 fisika dasar yg sebagian besar materinya sama kayak di SMA, kamu cuma butuh belajar lebih giat aja daripada temen2 yg dari SMA. Yang penting kamu rajin aja dan gak malas.. semangat ya.. ^^

  54. febhy agustin says:

    Assalamualaikum wr.wb..
    Kak, salam kenal yah ..alhamdulillah tahun ini sya msuk di MIPA FISIKA. (lulus SNMPTN) ..
    sya lulus di pilihan ketiga, klu pilihan kedua (pend. Fisika) tdk lulus.
    Dan kendalanya skrg kak, sya sma skali blum kuasai plajaran ini. Msih sangat” minim ilmu fisika. Di SMA sja pljrn ini yg pling sulit sya dpt. Tpi krna sdh jalan sya di fisika ttp harus sya cintai..
    Tolong kak bri saran buat sya bgimna cra bljr fisika agar lebih mudah sya mngrti.. (mtk & fisika blum mahir sma skli)..
    Trimksih sblumnya

    1. Yopi Hasopa says:

      Tenang, banyak kok teman saya yang masuk ke fisika bilang “saya tidak terlalu menguasai fisika”, tp pada kenyataanya mereka bisa mengikuti perkuluiahan dengan lancar dan lulus juga. Cara belajar fisika menurut saya adalah dengan membayangkan fenomena/kejadiannya (untuk fisika klasik) bukan hanya persoalan hitung2an rumus saja, rajin baca buku fisika terutama untuk kasus2 tertentu yg biasanya ada dibuku, terus jangan malas aja serta berdoa agar diberi kelancaran. Semangat ya 🙂

  55. febhy agustin says:

    Perlukah sya kuasai dulu mtk dan bljr fisika SMA kak ?

    1. Yopi Hasopa says:

      Pelajari secara bersamaan saja lebih baik.

  56. iin inayah says:

    kak saya mahasiswa baru upi pend.fisika. kak, boleh minta tips atau saran buat saya selama diperkuliahan? barangkali ada beberapa kesalahan yg sering mahasiswa lakukan dan saya tidak ingin melakukannya

    1. Yopi Hasopa says:

      Pokoknya ikuti semua tatap muka perkuliahan biasanya 16 kali tatap muka biar gak ada materi terlewat yg disampaikan dosen, walopun dikasih jatah tidak masuk selama 2x, tp usahakan masuk full. Kumpulkan semua tugas tepat waktu karena akan mempengaruhi nilai. Rajin2 maju ke depan kalo disuruh ngerjain soal, biasanya dosen akan ingat nama kita, hal ini akan mempermudah kalo berurusan dengan dosen tsb. Sering2 tanya ke dosen kalo tidak mengerti, rata2 mahasiswa takut buat nanya. Ikuti kegiatan himpunan/BEM, syukur2 kalo jd pengurusnya. Ikuti seminar2 gratis, lumayan nambah pengetahuan. Mungkin segitu aja ya.. salam 🙂

  57. parman says:

    Assalamualaikum.salam kenal kak.mau tanya kak.aku baru masuu kuliah ngambil pend b indonesia tapi penggen pindah pend fisika tlg kak kasih solusinya.

    1. Yopi Hasopa says:

      sepertinya tetep harus ikut lg ujian masuk (SNMPTN ato UM) buat masuk ke jurusan lain. Atau tanya2 aja ke bagian akademik kampus tentang cara pindah jurusan, biasanya info dari sana lebih akurat beserta syarat2 yg harus dipenuhinya.

  58. parman says:

    Kak saya kurang menyukai pelajaran fisika soal nya waktu sma tidak menggerti dan juga guru nya pemarah.bagaimana kak aku masih bingung kalu ak pulih fisika nantinya ipk aku kecil

    1. Yopi Hasopa says:

      Trauma pada saat SMA memang agak sulit dihilangkan. Saya juga dulu gt, ada guru yg “ditakuti” banyak siswa, namun pas masuk ke perguruan tinggi banyak dosen2 yg fun dan malah suka ngaasih lawakan2 agar kita tidak boring saat kuliah. Semua tergantung pada diri kita sendiri, mau pengajarnya galak atau gimana juga, asal kita tau cara menghadapinya, semua akan baik2 saja kok. Masalah IPK jangan terlalu dipikirkan, biarkan semua berjalan aja.

  59. Silfi Sri Herliani says:

    Asslmkm.
    Kak sya masih kelas 12, kemarin-kemarin saya galau pilih jurusan. Tapi jikalau sya ingin ambil pendidikan sya berniat sekali mau ambil pend. Fisika UPI. Alhamdulillah nilai dari kelas X-XI Nilai selalu bagus, dan sya berniat ingin ambil jalur SNMPTN. Nah apakah mahal biaya masuk jikalau saya lolos jalur SNMPTN?

    1. Yopi Hasopa says:

      coba lihat biaya SNMPTN tahun kemarin, biasanya tidak jauh bedanya. Nanti juga bakal diumumkan untuk biayanya, biasanya bisa diakses di http://pmb.upi.edu/

  60. Syania N. Azizah says:

    Kak, mau tanya kalau basic inggris ku kurang, terus kemampuan matem ku juga gak terlalu kuat,sama fisika juga aku masih plin plan suka gak suka, tapi nilai rapot yang paling besar itu fisika dari tiap semester nilainya naik sampe aku ikut kepilih untuk OSK fisika juara ke 10 dari jumlah sekolah yang ada kota. Itu harus gimana kak?ada persyaratan yang khusus nggak kalau mau masuk jurusan fisika dari pengalaman kakak

    1. Yopi Hasopa says:

      pertanyaanya simple kok, kamu minat gk sama fisika? kalo minat silakan masuk ke fisika, kalo gk terlalu dan minat dengan bidang lain silakan pilih yang itu.. soalnya minat berperan penting ke depannya terutama buat karir… untuk masuk jurusan fisika gk ada syarat khusus, cuma syarat yg diberikan universitas aja kok 🙂

  61. taufik says:

    Ka mau nanya ,sya klo d bidang matematika sma hafalan masih bisa di atasi ,tpi klo d skill daya nalar kurang .Gmna solusi ny biar bisa ngimbangi pelajaran fisika nanti ??
    Insya alloh thn depan mau ngambil fisika mipa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *