buku tipler jilid 2

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Kilas Balik Kuliah Semester 1 Pendidikan Fisika, saya lanjut ke semester 2. Mari bahas satu per satu.

Fisika Dasar I

Akhirnya ketemu juga dengan mata kuliah fisika nya. Walaupun semester kemarin ngontrak Fisika Umum, tapi kata dosen fisika dasar, fisika umum adalah konsumsi jurusan lain :P.Banyak konsep-konsep baru tentang fisika saya temukan di Fisika Dasar I ini, dan saya baru menyadari tentang konsep-konsep yang ngaco saat sekolah menengah. Pembahasannya pun lebih rinci dan mendalam. Saya juga baru “ngeuh” tentang penurunan rumus-rumus Fisika yang segudang itu.

Semuanya menjadi jelas dan masuk logika saat kuliah Fisika Dasar. Ditambah dosen nya asik dan nyaman. Membuat saya sangat menyukai mata kuliah ini. Alhamdulillah saya mendapatkan nilai yang memuaskan di mata kuliah ini 🙂

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa

Di mata kuliah ini saya belajar tentang astronomi dan kebumian. Di sini juga menambah ilmu pengetahuan kita tentang banyak hal. Contohnya kenapa mars bukan planet? bagaimana satelit buatan bisa mengorbit bumi? dll. Banyak banget deh, dari kebumiannya yaitu kenapa gunung berapi hanya terdapat di dekat laut?

Pengen jelas? Silakan ngontrak mata kuliah 3 SKS ini. hehe..

Matematika Fisika I

Eh, ketemu lagi dengan matematika, tapi ada embel-embel fisikanya. Saya akui, saya kaget ketika ikut kuliah ini. Saya kurang memberi perhatian kepada mata kuliah ini karena jadwal kuliah di semester 2 bener-bener pada merayap. Secara di semester 1 kan jadwalnya nyantai banget.

Entah kenapa materi kuliah ini terasa sulit bagi saya. Dan nilai yang saya dapat di mata kuliah 4 SKS ini merupakan nilai terburuk selama 2 semester ini. Semoga hal ini tidak terjadi lagi.

Eksperimen Fisika Dasar I

Nah, ini dia biang kerok nya. Yang membuat saya begadang terus, setiap minggu harus bikin laporan eksperimen yang menghabiskan waktu enggak sebentar. Bahkan saya harus rela mengorbankan mata kuliah lain demi mata kuliah yang satu, salah satu korbannya yah Matematika Fisika I :(.

Bener-bener menyita waktu banget nih, mata kulaih 2 SKS ini terasa seperti 8 SKS. Apa sih yang menyebabkan menyita waktu lama? Yang pertama, pengambilan data eksperimen belum tentu bisa dilakukan dalam satu kali pertemuan, bahkan saya harus mengambil data di luar kuliah. Kedua, Laporan ditulis tangan tidak boleh diketik termasuk membuat grafiknya. Tapi ada juga dosen yang memperbolehkan menggunakan software untuk membuat grafiknya. Ketiga, harus mengerjakan tugas awal eksperimen. Keempat, belum lagi tugas-tugas mata kuliah lain yang menumpuk, Keliama… Keenam… dst… ~~

Tapi, pengorbanan ini tidaklah sia-sia. Saya mendapat nilai A… horeee… 🙂

Perkembangan Peserta Didik

Sudah tidak usah diceritakan lagi, dosen PPD bukan jarang masuk lagi. Tapi gak pernah masuk. Parah… Itu juga yang masuk bukan dosennya, tapi dosen pengganti yang hadir saat menjelas UAS. Nilai juga sudah gak usah ditanyakan lagi, munculnya juga entah dari mana ~~

Pendidikan Agama Islam

Disamping saya harus kuliah PAI, saya juga harus mengikuti program tutorial sebagai syarat kelulusan mata kuliah PAI. Program tutorial ini wajib diikuti oleh setiap jurusan. Progran tutorial ini diadakan setiap sabtu dan minggu, jadi selama semester 2 ini saya tidak mudik :(.

Bukan hanya itu, saya juga harus mengikuti tes BAQI dan harus lulus. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar 🙂

Pendidikan Bahasa Indonesia

Saya termasuk orang yang tidak menyukai mata kuliah seperti ini. Tiap pertemuan hanya membahas dan membuat karya tulis ilmiah. Menurut saya, karya tulis ilmiah ini mirip kayak bikin skripsi tapi berkelompok.

***

Nah itulah gambaran yang terjadi di semester 2, saya tidak menceritakan semuanya. Menurut saya, semester ini merupakan semester yang berat. Jadwal yang padat dan tugas yang banyak menjadi sorotan utama. Alhamdulillah saya lalui juga pada akhirnya…

Sampai jumpa di semester 3 🙂

Kategori : Kilas Balik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *