Semester 5 Pendidikan Fisika UPI

Sekarang bagian kilas balik di semester 5, mudah-mudahan masih ingat di semester 5 pada ngapain aja, haha…

Sejarah Fisika

Salah satu syarat bisa mengontrak sejarah fisika atau sering disingkat dengan nama “jarfis” adalah penah mengontrak mata kuliah Fisika Modern. Nah lho? Fisika modern menjadi dasar pengetahuan untuk memperdalam ilmu di jarfis. Namanya juga sejarah, di mata kuliah ini semua dibahas mulai dari perkembangan ilmu fisika klasik-modern, ilmuwan fisika kayak Einstein, sama sumbangan beberapa negara terhadap ilmu fisika. Semua disajikan dengan presentasi tiap kelompok dengan materi yang berbeda tentunya. Yang harus dikuasai sebenernya adalah memahami perkembangan tiap periodenya.

Fisika Sekolah III

Sama halnya seperti Fisika Sekolah I dan Fisika Sekolah II, yang berbeda adalah kajian SK KD di Fisika Sekolah III itu untuk kelas XII SMA. Di Fisek 3 ini harus lebih menguasai membuat indikator, peta konsep, bagan materi, dll. Mungkin yang terasa berat di fisek 3 ini adalah di materi SMA-nya. Secara materi Fisika Modern merupakan hal yang horor bagi sebagian besar mahasiswa fisika, termasuk saya 😀

Fisika Inti

Entah ada faktor apa, saya sangat tidak mengerti dengan matkul fisika inti. Materinya sih kalo dipelajari lebih serius gak susah-suah amat, cuma di ujiannya, beuuuh… susah banget, seriusan. Apa yang sudah dipelajari pada saat di kelas kayaknya gak ada yang muncul di kertas ujian. Kebanyakan soal ujiannya berasumsi gitu, bener-bener sulit dipahami. Hampir aja saya gak lulus di mata kuliah ini, namun pada akhirnya saya selamat juga. Banyak teman-teman yang terjebak bahkan terjerumus di fisika inti. Untuk itu waspadalah, waspadalah~

Fisika Kuantum

Di Fisika Kuantum hanya membicarakan persamaan schrodinger saja kok. Di mata kuliah ini harus lebih serius, karena saya juga hampir saja terjebak dengan kesantaian dosen mengajar. Tanpa persiapan apapun dosen tiba-tiba menyuruh mengeluarkan kertas untuk langsung ujian, ahhh tidaakkk… Pokoknya jangan terlalu santai di mata kuliah ini, ok?

Laboratorium Fisika Sekolah I

Di Labfisek 1, kita hanya mengekplorasi KIT SMP. Mencoba berbagai percobaan yang ada di buku panduan KIT, kemudian mempresentasikan di depan. Matkul ini lumayan santai kok, cuma bikin laporannya itu kadang-kadang yang bikin males, haha…

Pendidikan Teknologi Dasar

Kotak Tisu Anti Terbang

Kotak Tisu Anti Terbang

PGBU (Pikir Gambar Buat Uji) merupakan jargon mata kuliah PTD. Kita dituntut untuk kreatif membuat suatu alat/produk yang akan bermanfaat. Tentu dengan kriteria-kriteria yang telah dikaji serta harus mempertimbangkan beberapa aspek. Tugas akhir PTD adalah membuat suatu produk yang telah ditentukan, pada saat itu disuruh membuat kotak tisu dengan bahan karton saja dengan syarat tidak terbang jika di terpa angin laut.

Multimedia Pembelajaran Fisika

Di matkul ini, kita harus bikin multimedia pembelajaran mulai dari video pembelajaran, flash untuk pembelajaran sampai produk akhir yang menggabungkan beberapa media menjadi satu. Lumayan seru di matkul ini, berikut produk yang telah dibuat oleh kelompok saya:

Website Multimedia Pembelajaran Fisika

Website Multimedia Pembelajaran Fisika

Video Pembelajaran Fisika –> http://www.youtube.com/watch?v=eEgMNzR5np4

Website Pembelajaran Fisika –> http://multimedia.yopihasopa.com/

Silakan berkunjung ke sana, semoga produk yang kami buat dapat bermanfaat 🙂

Media Pembelajaran Fisika

Hampir sama seperti multimedia, namun di matkul ini agak sedikit kuno dan jadul. Kita disuruh bikin media pembelajaran mulai dari poster, transparansi yang pake OHT (jadul banget ini), dan bikin slide powerpoint. Lumayan ribet juga bikin media pembelajaran, namun saya cukup senang membuatnya. Salah satu yang sudah dibuat, yaitu poster seperti di bawah ini, hehe…

Poster - Media Pembelajaran Fisika

Poster – Media Pembelajaran Fisika

Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi (PLSBT)

Mata kuliah paling gaje di semester ini (IMO), terasa membosankan sekali, tidak ada tantangan. Sepertinya dengan membaca bukunya saja terasa cukup karena dosen hanya “membaca” apa yang ada di buku. Mungkin perlu metode lain untuk mata kuliah ini sehingga mahasiswa juga semakin antusias dan bersemangat.

Kategori : Kilas Balik, Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *