Mendewakan Berorganisasi

Tuesday, 1 May 2012
sekolah-kaderisasi

salah satu kegiatan di sekolah kaderisasi

Harus saya akui bahwa berorganisasi itu emang penting untuk membuat “network”, silaturahmi serta melatih beberapa keterampilan tertentu dalam suatu organisasi. Tapi saya sangat risih dari dulu dengan orang yang beranggapan bahwa orang yang tidak berorganisasi adalah orang yang tidak produktif, tidak gaul, tidak ada kemauan, lemah dan sebagainya. Seolah-olah berorganisasi adalah hal yang wajib dan suatu keharusan. Mungkin karena alasan dan pertimbangan tertentu membuat orang memilih untuk tidak berorganisasi.

Saya tidak menyalahkan orang yang aktif berorganisasi, tapi saya hanya risih saja mendengar beberapa celetukan seperti yang dijelaskan di atas. Saya juga dulu ketika SMP, aktif juga kok di beberapa organisasi.

Dulu, ketika pertama masuk kuliah. Saya mengikuti program pengkaderan mahasiswa baru. Saya sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut yang diadakan oleh himpunan. Saya rela tidak mudik beberapa bulan agar tidak bolos. Di tengah perjalanan saya dikecewakan, yang pada akhirnya membuat saya malas untuk berorganisasi lagi di himpunan. Rencana saya dari awal masuk kuliah, pengennya menjadi pengurus aktif di himpunan. Akibat rasa kecewa tersebut, saya mundur saja.

Sekali lagi, di sini saya tidak menyalahkan siapapun. Rasa kecewa yang saya alami ketika masa pengkaderan sudah tidak akan saya ungkit-ungkit lagi. Yang lalu biarlah berlalu. Saya juga selalu respect terhadap himpunan kok 🙂

Selanjutnya saya mengikuti organisasi di luar. Alhamdulillah saya bisa berorganisasi lagi dengan baik. Semoga tidak ada lagi kekecewaan yang itu lagi 🙂

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *