Observasi ke SMAN 15 Bandung

Friday, 10 Jun 2011

Melihat pemandangan seperti ini, mengingatkan ane pada saat ane masih SMA dulu. Duduk di kelas untuk belajar dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang. Setiap pukul 10.00 istirahat selama 15 menit, dan pada pukul 12.00 istirahat 20 menit. Semuanya sama memakai seragam sekolah khas SMA putih-abu. Banyak kejadian2 aneh, lucu, unik dan menegangkan terjadi di kelas. Yah, mungkin begitu kira-kira… malah curcol nih ane 😮

Bulan kemaren ane dan kawan-kawan (oji, eva dan tari) melakukan observasi ke SMAN 15 Bandung. Tujuan kita ke sana yaitu buat melakukan survei dan membagikan angket guna memenuhi tugas mata kuliah bahasa Indonesia. Kita tiba disana sekitar pukul 10.30. Langsung kita temui Bapak Hana (Guru Fisika SMAN 15 Bandung), dan ternyata bapaknya lagi ngajar sampai jam 12.00. Kita tunggu sampai jam 12.00 dan bertemu Pak Hana. Tapi sayangnya jam mengajar Pak Hana sudah habis, padahal kami janjian untuk mempergunakan jam mengajar Pak Hana buat membagikan angket ke siswa. Kemudian Pak Hana mencari jam kosong kesana kemari. Dan akhirnya kami mendapat jatah waktu membagikan angket dari jam mengajar Salah satu guru Seni. Kamipun hanya diberi waktu 15 menit saja. Untungnya Bapak yang mengajar Seni ini baik banget. Welcome banget lah…

Kamipun mendapat izin memasuki kelas XI IPA 1, dan langsung menuju TKP. Setiba di TKP ternyata masih ada yang mengajar. Dari tulisan dipapan tulis sepertinya mengajar bahasa Jepang. Kamipun menunggu guru itu sampai keluar kelas. Setelah guru bahasa jepang keluar, dan ketika kami mau masuk kelas. Siswa meminta untuk istirahat dulu, okelah kami kasih istirahat dulu 15 menit. Tepat pukul 12.30 kami masuk kelas, perkenalan, menjelaskan maksud dan tujuan kemudian membagikan angket.

Ada hal yang menarik di sini. Siswa SMA bisa dibilang masih labil lah. Sifat kekanak-kanakan nya masih terlihat jelas. Masih melakukan hal-hal yang “gaje”. Mungkin dulu ane juga gitu. haha..   Hal ini lah yang ane rasain di sini. Kemudian kami dipanggil “Bapak sama Ibu” oleh siswa. Kaget juga ngedengernya. Padahal kami masih semester 2, muka juga gak tua-tua amat, umur juga masih 19-20 tahunan :D. Guru-guru di sini juga sangat welcome, untuk urusan birokrasi juga gak dipersulit.

Terima kasih buat Pak Hana, Guru Seni dan anak-anak XI IPA 1 SMAN 15 Bandung yang sudah bersedia mengisi angketnya :).

Kategori : Kuliah

4 thoughts on “Observasi ke SMAN 15 Bandung

  1. Asop says:

    Waduh, itu di foto terakhir pengawasannya bagus banget. 😀 Kayak senior lagi nge-ospek junior. :Peace:

    1. Yopi Hasopa says:

      kita emang senior, tapi bukan lagi ngospek, hehe.. 😀

  2. Hehehehe… iya fotonya yang terakhir kaya lagi ospek deh… 😉

    1. Yopi Hasopa says:

      iya sih, kayak lagi ngospek.. hehe.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *