Orisinalitas

Saturday, 3 Mar 2012

bumi

Hal yang berbeda saya alami kemarin. Ketika saya dituding plagiat hasil karya orang lain. Lebih parahnya saya ditunding copy paste karya orang lain, sehingga dibilang semua isinya bener-bener sama. Padahal saya membuatnya benar-benar hasil pemikiran dan pengetahuan sendiri. Harus saya akui, memang dalam beberapa bagian ada yang copy paste, tapi gak sembarang gitu aja copas. Saya juga edit lagi, karena ada beberapa kata yang tidak cocok dan pas. Saya pikir untuk bagian ini, siapapun akan membahas hal yang sama, tidak mungkingkan saya menulis tulisan yang out of topic? 😀

Entah bagaimana saya dituding seperti itu. Hanya melihat cover dan beberapa halaman awal saja, saya sudah di cap plagiat. Sementara untuk cover dan bagian awal itu bener-bener hasil tulisan saya sendiri. Sementara yang saya “copas editan” di bagian paling akhir.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Tolonglah jangan seenaknya dan langsung menuduh orang seperti itu. Tidak ada bukti dan hanya mengandalkan feeling saja tidaklah cukup untuk menuduh orang secara terang-terangan. Mungkin “asas praduka tak bersalah” sekarang sudah tak berlaku lagi. Langsung main hakim sendiri sudah mulai menjadi budaya.

Ini hanya unek-unek saya pribadi. Percuma saja saya sampaikan langsung kepada orang yang mempunyai “kekuasaan”, hanya buang-buang waktu saya saja dan mungkin akan membuat masalah baru lagi.

Saya selalu respect kepada siapapun dan saya benci orang yang merasa hanya dirinyalah yang paling benar. Mohon maaf jika saya sendiri lah yang salah. Sekian!

Kategori : Kuliah

One thought on “Orisinalitas

  1. wahyu says:

    Hal yang lumrah gan 😀 btw isi blognya bener2 menggelitik saya untuk membaca dan keterusan next page. Salute 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *