Dasar ane lagi apes-apesnya kali. Ane kena tilang di jalan :(. Ceritanya ane abis nginep di rumah saudara ane di Cibaduyut. Sekitar jam 8 pagi habis sarapan ane langsung cabut dari Cibaduyut dan mau pulang ke kosan ane di Gegerkalong Hilir. Disepanjang perjalanan ane gak merasakan firasat apapun. Tiba-tiba pas di jalan sukajadi tepatnya di depan polsek sukajadi ada operasi polisi. Dalam hati ane bergumam, tenang ajalah toh ane bawa SIM, STNK, spion dua, dan semuanya lengkap tak ada masalah apapun. Paling cuma ditanya SIM sama STNK sama tuh polisi. Eh, ternyata ane gak nyalain lampu motor. Dan ane gak tau kalo yang gak nyalain lampu akan langsung di tilang. Katanya sih udah berlaku sekitar 1 minggu yang lalu. Ya ane gak tau dong, soalnya ane jarang keluar pake motor belakangan ini.

Tadinya ane mau bayar di tempat alias “damai” gitu :D. Tapi ini adalah operasi “legal”, ane gak bisa lakukan hal itu. Ya udah deh ane dikasih tuh surat tilang dan dikasih tau sama polisi, “Sidangnya hari jum’at ya.. tanggal 12 agustus. Sekalian ngabuburit” kata tuh polisi. Buset dah sekalian ngabuburit? Wah pasti proses sidangnya lama banget karena yang kena tilang juga banyak banget karena peraturan yang tidak konsisten ini. Udah gitu ane melanjutkan perjalanan ane lagi.

Hari demi hari berlalu. Tibalah dimana ane harus ikut sidang tilang. Di surat tilang sidang dimulai jam 8 pagi. Jam 7 pagi ane sudah melakukan persiapan khusus (lebay). Semua persiapan udah selesai : dompet + uang tunai, SIM, KTP, KTM, kartu ATM, kwitansi kontrak kamar kosan, foto cewek, dll. Berangkatlah ane jam 7.45 dari kosan nyampe di Pengadilan Negeri Bandung (Jl. LL. RE. Martadinata No.74-80 Bandung) jam 8.00. Ane langsung masuk ke suatu ruangan, kayaknya ini tempat buat sidangnya. Begitu masuk tenyata bener, buset dah… udah ratusan orang yang nunggu. Dengan laga jaim ane pura-pura udah profesional mengikuti sidang tilang kek gini, padahal ane baru pertama kali ikut :D. Ane perhatiin deh orang-orang yang baru masuk ke ruangan itu. Ane ikutin aja apa yang mereka lakukan. Ketika ane tanya ke salah satu orang ternyata tindakan ane salah. Surat tilang ane kumpulin di atas meja ditumpuk deket pintu ruang sidang buat SIM.Β  Sok tau aja ya ane. Jadi ruang sidangnya ada 2. Yang ditahan STNK, ruang sidangnya di sebelah kiri dan yang ditahannya SIM disebalah kanan. Kebetulan STNK ane yang ditahan sama polisi jadi ane ngumpulin surat tilang dimeja deket pintu ruang sidang sebelah kiri. Denger-denger bisik tetangga, nanti kita dipanggil atu-atu masuk kedalam. Ya tinggal nunggu deh.

Sejauh ini ane baru nemu satu orang calo. Kata babeh ane, ane disuruh pake jasa calo aja, biar gak ribet kali ya. Tapi ane memutuskan buat menyelesaikan masalah ini sendiri, buat pengalaman aja. hehe.. πŸ˜€

Sekitar pukul 8.30 orang-orang yang mau ikut sidang udah banyak banget. Untung ane datangnya pagi-pagi jadi kemungkinan nama ane dipanggil cepet. Orang-orang udah pada gak sabar, pintu masuk sidangpun dikerubuni banyak orang termasuk ane. Pintu sidang mulai dibuka sama petugas, orang-orang bersorak, horee… Tibalah waktu pemanggilan nama satu persatu. Disini telinga kita harus peka mendengarkan nama yang disebutkan. Untung aja pake pengeras suara, jadi bisa lebih kedengeran sama orang yang budeg. TiapΒ  satu panggilan, orang-orang pada bersorak terutama yang paling depan. Contoh yang bikin ane ngakak. Petugas : “Ahmad, Ci… cii. cii.. “. Salah satu orang : “Ciki ih..!!” (dengan suara keras). Semuanya pada ngakak. Ada juga orang dari Bali, namanya kan I Made gitu. Orang-orang pada ngejek, “Bli mana Bli..? Cepetan Bli, awas Bli itu sendalnya”. Rame juga nih yang mau ikut sidang kayak dimana aja.

Terdengarlah suara nama ane “Yopi Hasopa”. Ane langsung bergegas ke depan, mengambil surat tilang lalu masuk ke ruang sidang. Di dalem ruang sidang ane nunggu lagi nama ane dipanggil. Tak beberapa lama nama ane dipanggil juga. Langsung deh ngantri buat ditanya sama hakim tentang kesalahan yang kita lakukan. Hakim akhirnya bilang, “25 ribu dan 1000 buat administrasi”. Ane langsung ngantri di kasir pembayaran. Total denda yang harus ane bayar adalah 26 ribu. Abis bayar ane langsung dikasih STNK punya ane lagi. Langsung ane liat jam, ternyata jam 08.50. Cepet juga pikir ane :).

Ane langsung cabut pulang ke kosan. Nyampe di kosan jam 9.05. Alhamdulillah sudah berakhir. STNK ane juga udah kembali. Sekarang lampu motor selalu ane nyalain. Mengikuti sidang sendiri tak begitu menakutkan dan tak begitu memakan waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tips dan trik dari ane bagi yang mau ikut sidang tilang sendiri :

  1. Persiapkan fisik dan mental, mungkin ditiap pengadilan beda situasi dan kondisi.
  2. Berangkat pagi-pagi, agar antrian tidak panjang.
  3. Ketika tiba dipengadilan langsung menuju loket pendaftaran untuk mengumpulkan surat tilangnya. Apabila tidak tau lokasinya, tanya saja orang-orang yang sudah berada di sana. Mereka pasti tau kok.
  4. Tetap sabar dan teliti ketika menunggu panggilan.
  5. Posisi jangan terlalu jauh dengan ruang sidang, siapa tau ketika nama kita disebut, kita malah gak kedengeran.
  6. Jangan gunakan jasa calo apabila tidak terpaksa. Menggunakan calo ongkosnya pasti lebih mahal.
  7. Siapkan uang pecahan, seribuan, lima ribuan, sepuluh ribuan. Jangan bawa uang dengan nominal besar.
  8. Waspada pencopet. Taroh dompet semuanya kedalam tas.
  9. Malu bertanya sesat di jalan. Jika tidak tau tanya ke petugas/orang-orang yang berada di sana.

Itulah beberapa tips dan trik dari ane. Saran dari ane, kalo ada waktu untuk sidang mending sidang dari pada harus bayar ditempat “damai”. Toh ongkos sidang lebih murah daripada bayar ditempat. Cuma kita perlu waktu aja untuk mengikuti sidangnya. Oke deh udah cukup panjang.. Semoga bermanfaat, sekian terimakasih πŸ™‚

***

UPDATE: Solusi Bagi Yang Tidak Bisa Datang Pada Hari “H” Sidang Tilang

Selain bisa diwakilkan oleh orang lain (Saudara atau Teman) untuk ikutin sidang pada hari “H”, ternyata ada cara lain untuk menggambil SIM/STNK yang ditahan sama polisi. Thank’s to agan ikesukma sudah share di sini πŸ™‚

Gan, ane dah nanya ke pengadilan di RE Martadinata untuk ajukan jadwal sidang, ternyata g bisa gan ^^ ane dikasih alternatif ngambil langsung ke polrestabes di jalan jawa…
akhirnya ane putuskan kesana coz ane mo tugas keluar kota pas tanggal sidang, daripada g tenang , stnk lum diambil, ane putuskan kesana. === ceritanya sudah di polrestabes, disana ada spanduk yang intinya β€œdisini tidak ada calo”, dengan saran dari agan dan gaya sok tau hehehe ane nanya ke petugas piket, β€œambil stnk dimana” dg santai petugas jawab β€œke kiri” ane ikutin sarannya , begitu ke kiri ada ruang β€œpelanggaran tilang” nah yang kudu kita lakuin disana :
1. serahkan surat tilang warna apapun biru/merah ke salah satu petugas (WARNING : jangan langsung nanya soal β€œharus bayar berapa dulu”)
2. tunggu petugas akan mencari stnk anda
3. anda akan diajak masuk ruang khusus (masih di ruang tadi hanya lebih masuk ke dalam dengan sekat), ikuti saja
4. petugas akan nanya , jika surat tilang biru anda langsung diminta bayar ke bri, klo surat tilang merah kayak ane, anda akan ditanya ini mau ikut sidang atau diambil sekarang (basa-basi , jelas jelas ane kesana mo ambil stnk n g ikut sidang)
5. well, lanjutnya petugas bilang , ada biaya administrasi sidang dan denda yang harus dibayar (untuk tilang lampu) kena 30,000
6, ane pikir g jauh dari referensi sidang agan , ya sudah ane bayar

begitu agan sharingnya (warning : bayarnya saat petugas dah menyatakan berapa nominalnya , jangan sok sokan bayar terlebih dahulu , karena ada sebelum gue yang bayar 100,000 gara-gara dia sok tau β€œdah sering kena tilang n ngurus kesini” n dia g mau diajak ke ruang khusus…so sejauh ini masih IN PROSEDURE ikutin dulu aja gan …hehehe

 

Kategori : Pengalaman

99 thoughts on “Pengalaman Ikut Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Bandung

  1. yoyo says:

    wah rupanya pernah jadi terpidana toh..hehehe ..untung kasus tilang coba kalo korupsi? huahahaha… πŸ˜€ kalo ane sih dah sering damai sama pulisi makan nasigoreng aja..

    1. Yopi Hasopa says:

      iya ane udah jadi terpidana.
      kalo korupsi ane udah kayak gayus ama nazar dong πŸ˜€

  2. paypay says:

    Wah gw bsk sidang di martadinata.gara gara g bawa STNK resmi.coz lg d pke sma biro perpanjangan STNK.apes..apes

    1. Yopi Hasopa says:

      Selamat mengikuti sidang gan. Seru dah menurut ane mah πŸ˜€

  3. mie says:

    gan,critanya ane ditilang krn g nyalain lmpu jg,trs sidangny tnggl 23 tuh n sim ane tahan.nah yg ane tnyain bs ga c kita k pn gadilanny sblum tnggal sgitu?trs pajak stnk ane jg udh kdaluarsa tuh;nti pas sidang bs nmbah g tuh dendanya..

    1. Yopi Hasopa says:

      Maaf gan, saya juga kurang tau soal itu mah. Itu juga pengalaman pertama sidang tilang saya soalnya, hehe… πŸ˜€

  4. Izzah says:

    Sob, tadi aq brsn kena tilang lampu, terus ga punya SIM. Tp kata polisi-nya cuma dikena-i pasal lampu. sebelum sidang gw musti bikin SIM dulu ga? tks..

    1. Yopi Hasopa says:

      Di surat tilangnya cuma kena pasal lampu? Kalo gitu, tinggal bayar denda tilang lampu aja gak usah bayar denda SIM nya.

      Soalnya hakim akan baca surat tilangnya atau ngeliat jenis pelanggaran yang dilakukan lalu nyebut nominal dendanya berapa.

      Tapi lebih baik bikin aja selagi bisa mah. Gitu aja Sob, semoga membantu πŸ™‚

  5. Edo says:

    wah mantap kaka πŸ™‚ nice

  6. JOHAN says:

    wah giliran ane nih besok…..
    btw lokasinye deket mane sob ?????
    (soalnye ane orang cianjur neh)

    1. Yopi Hasopa says:

      Lokasinya di sini gan : Jl. LL. RE. Martadinata No.74-80 Bandung

      Semoga lancar gan buat sidang besok πŸ™‚

  7. Danni says:

    Bro klo ane td kna tilang d cimahi perkaranya ane ga pake plat nomer asli, trs d suruh sidangnya di peng. bale bandung, bale endah. kira2 besaran dendanya sama ga y dgn d “buku pedoman” yg biasa d bwa polisi pas nilang??

    1. Yopi Hasopa says:

      Saya tidak tau gan untuk biaya denda tiap pelanggarannya… πŸ˜€

  8. doakan saya(uwon) says:

    wah mantap gan nuhun nya berguna nih infonya…
    kebeneran nih ane skrg mau sidang di tmpt yg sama,dan dgn kasus yg sama…doakan saya ya “benteng takhesi” heheheee

    Brangkaaaattt………”

    1. Yopi Hasopa says:

      Semoga lancar gan sidangnya πŸ™‚

  9. Luqman says:

    waaah ane nanti jumat nih sidang..
    gara2 pas lampu merah macet d perempatan bubat, ane lewat kanan (jalur yg berlawanan) biar cepet ke depan.. eeh d dpn ada polisi.. d marahin ane.. di suruh sidang juga nih d martadinata..
    smoga prosesnya cepet juga ya..
    #baru pertamakali ane ikut sidang..

    1. Yopi Hasopa says:

      datangnya pagi-pagi gan biar cepet dipanggil, cepet beres, cepet pulang juga… πŸ˜€

      semoga lancar sidangnya gan πŸ™‚

  10. indie says:

    ak tgl 9 ini sidang. deg2an.
    ak lupa ga bawa stnk and simp. abisnya dompet ketinggalan.
    kira2 dendanya brapa ya?

    1. Yopi Hasopa says:

      untuk dendanya saya juga gak tau… tenang aja gan gak akan kenapa2 kok, hehe..
      semoga lancar gan sidangnya πŸ™‚

  11. apep says:

    nimbrung curhat ya gan, barusan aja ane kena tilang karna ngikutin jalur khusus angkot di jalan jakarta, bandung. Diujung lampu merah perempatan jln kiaracondong-jln jakarta udh berdiri sosok dengan tangan bergerak2 kekiri dan kekanan artinya (suruh menepi), dalam hati lg2 kena apes.. Sebernya itu gw jgnya si yg bego, pulang kuliah karna hari msh siang malah jln2 ngelilingi kota bdg tp tak tau jln, gni deh ujungnya… haha,, btw sidangnya ntar jumat nih tgl 13 april, repot bgt deh mana tgl segitu byk tgs kuliah observasi kelapangan (jadi dilema gini),haha yaelaa bhsanya sok2 kya cherrybelle,,, sebenarnya ini bkan kali pertama ane kena tilang, tp udh yg k-4 kalinya, dua diantaranya lewat jalur damai, yg satunya sidang diurusin sm sodara krn kebetulan waktu itu ane males bolos kuliah. Tp untuk kasus kali ini ane mw coba mandiri, ngurus segalanya sendiri, g mw bilang sana sini. Jd rencana ntar mw ikut sidang sendiri aja ngikutin langkah2 yg agan tulis di atas. Masalahnya gan ini kan baru pertama kali ane mw sidang sendiri, tp ju2r msh dilanda parno gila2an, (gmn ntar ya? apa yg akan terjadi ya?).. tp yg jelas minta do’anya aja ya supaya lancar dan tdk kena denda yg nguras dompet.. Satu lg yg bkin ane bingung adalah apakah mesti ke pengadilan naek motor atw naek angkot ja ya, cz klw naek motor agak takut jg kn lg g megang sim (lg di tahan).. Klw pun agan nyaranin ane naek angkot ju2r ane gtw angkot apa2 ja yg melewati jl martadinata ntu (jln riau), mungkin agan tau ane musti naek angkot apa jika ane start perjalanan ane di stasiun cikudapateuh atau stasiun bdg,, Makasih gan udh mw baca curhatan ane,, ju2r msh parno nih…haha

    1. Yopi Hasopa says:

      naek motor juga gak jadi masalah gan, misal kalo ada operasi dan ditanya surat2, tinggal bilang aja surat2nya ditahan dan belom diambil. Saya juga waktu itu berangkat pake motor yang STNK nya ditahan.

      Untuk jalur angkot saya juga gak tahu. Tapi bisa dicoba mampir ke sini http://angkot.tibandung.com/

      Tenang aja gan kalo sidang, paling nunggu panggilannya yang bikin bete dan berdesak-desakan πŸ˜€

      Semoga lancar gan sidangnya πŸ™‚

  12. ryan says:

    gan, kalau ane kena juga sama kaya ente. gara2 lupa nyalain lampu. di jakarta selatan, kira-kira biayanya sama ga yah kaya disana? gara-gara lupa nyalain jadi kena razia. kampretos dah πŸ™

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo di jaksel ane gak tau gan. Bisa sama bisa juga beda. Tapi kemungkinan sama lebih besar deh, coz pasal yang dipake juga sama.

      Semoga lancar sidangnya gan πŸ™‚

  13. kyuka_ryu says:

    wah thank infonya…
    soalnya hari ini aku juga kena tilang…
    walaupun sebel juga sih, sok-sok an ga mau damai..
    biarlah…biar ada pengalaman juga hehe

    1. Yopi Hasopa says:

      Daripada “damai” emg mending sidang sekalian. Itung” nambah pengalaman.

      Semoga lancar sidangnya πŸ™‚

  14. silvia says:

    aku juga tgl 7 mei kmaren kena tilang,, trus tgl 25 mei sidangnya…
    hadeuh gimana yah,, ?? aku ga punya sim …
    biasa ditanya apa aja oleh hakim nya ?

    1. Yopi Hasopa says:

      Tenang aja sist, nanti banyakan kok yang disidangnya. Kamu tinggal ikutin aja apa yang dilakukan orang lain (kalau baru pertama kali). Jangan lupa siapin uang pecahan, cz suka gak ada uang kembalinya πŸ˜€

      Semoga sukses dan lancar sidangnya sist πŸ™‚

  15. ikesukma says:

    kena tilang lampu nih kemaren 5 juli 2012, di sekitar RS Santosa arah ke pasar baru, klo jadwal sidang tgl 13 Juli 2012 bisa g aku ikut sidang 1 minggu sebelumnya (hari ini tgl 6 juli 2012) karena pas tgl sidang ada tugas ke luar kota πŸ™ trus di riau, cari ruang apa ya? takut ada calo

    1. Yopi Hasopa says:

      dulu saya pernah nanya sama polisinya, ternyata bisa ikut sidang di minggu sebelumnya (kalo gak salah ini juga)….

      lebih baik tanyain aja ke orang2 yang lebih tau gan πŸ™‚

      kalo udah ke tkp dan mau cari ruangan, tinggal tanya aja gan… nanti juga suka ada yang ngarahin kok… ruangannya ada di ujung (kalo dari arah bip), terus masuk aja… nanti ada semacam lapangan voli/badminton… di situ ruangan sidangnya…

      semoga lancar sidangnya gan πŸ™‚

  16. ikesukma says:

    Gan, ane dah nanya ke pengadilan di RE Martadinata untuk ajukan jadwal sidang, ternyata g bisa gan ^^ ane dikasih alternatif ngambil langsung ke polrestabes di jalan jawa…
    akhirnya ane putuskan kesana coz ane mo tugas keluar kota pas tanggal sidang, daripada g tenang , stnk lum diambil, ane putuskan kesana. === ceritanya sudah di polrestabes, disana ada spanduk yang intinya “disini tidak ada calo”, dengan saran dari agan dan gaya sok tau hehehe ane nanya ke petugas piket, “ambil stnk dimana” dg santai petugas jawab “ke kiri” ane ikutin sarannya , begitu ke kiri ada ruang “pelanggaran tilang” nah yang kudu kita lakuin disana :
    1. serahkan surat tilang warna apapun biru/merah ke salah satu petugas (WARNING : jangan langsung nanya soal “harus bayar berapa dulu”)
    2. tunggu petugas akan mencari stnk anda
    3. anda akan diajak masuk ruang khusus (masih di ruang tadi hanya lebih masuk ke dalam dengan sekat), ikuti saja
    4. petugas akan nanya , jika surat tilang biru anda langsung diminta bayar ke bri, klo surat tilang merah kayak ane, anda akan ditanya ini mau ikut sidang atau diambil sekarang (basa-basi , jelas jelas ane kesana mo ambil stnk n g ikut sidang)
    5. well, lanjutnya petugas bilang , ada biaya administrasi sidang dan denda yang harus dibayar (untuk tilang lampu) kena 30,000
    6, ane pikir g jauh dari referensi sidang agan , ya sudah ane bayar

    begitu agan sharingnya (warning : bayarnya saat petugas dah menyatakan berapa nominalnya , jangan sok sokan bayar terlebih dahulu , karena ada sebelum gue yang bayar 100,000 gara-gara dia sok tau “dah sering kena tilang n ngurus kesini” n dia g mau diajak ke ruang khusus…so sejauh ini masih IN PROSEDURE ikutin dulu aja gan …hehehe

    1. Yopi Hasopa says:

      ane juga dulu nanya ke polisinya antara bisa dan nggak, ternyata emang gak bisa yah… hehe.. πŸ˜€

      terima kasih gan sudah share pengalamannya di sini, lengkap pula detail kejadiannya. Semoga menjadi pembelajaran juga buat temen2 yang kena tilang dan bingung harus bagaimana.

      sekali lagi terima kasih untuk agan ikesukma πŸ™‚
      salam.

  17. Kang Salman says:

    Wah thanks ya sarannya
    Kalau saua kena tilang karena nerobos jalur 2, ceritanya seperti ini.

    Ketika Polisi Tersirat Mengajak Damai Saat Razia
    Baru saja kemarin sore hari 1 jam menjelang buka puasa saya dan ratna tekena tilang saat razia karena kedapatan ngebut dan masuk di jalur dua dimana jalur ini di khususkan untuk kendaraan roda empat saja, bukan untuk roda dua. Saya dan beberapa pengemudi roda dua lainnya ikut di tilang.

    Entah kenapa sebelum saya berhenti dari kejauhan tampak telihat kesenangan meliat 6 motor termasuk saya atau itu hanya fatamorgana saya saja? saya pun menepi karena memang merasa bersalah, satu motor kabur dan kempat motor di depan saya juga ikut menepi. Polisi kemudian meminta surat-surat kendaraan dan SIM, saya tunjukan semuanya. Saya mengatakan pada polisi alasan saya masuk jalur ini karena sedang terburu-buru. Mau kemana buru-buru kata polisi berpangkat Bripda tersebut? Mau buka puasa bukan? Saya baru saja membeli Kulkas tapi saya telat 15 menit. Sedangkan barang sudah pergi lebih dulu dari saya dan saya terburu-buru takut klo nanti mereka sampai duluan ke rumah.

    Beberapa kali saya di ajak menepi untuk ikut polisi tersebut, tapi saya katakan tidak mau, saya sedang buru-buru pak, di tilang disini saja terang saya. Polisi pun langsung mengeluarkan senjata pamungkasnya surat tilang. Saya mengatakan udah di Sidang saja. Kapan disidangnya dan dimana? terang saya. Kalau di sidang lama nulisnya kata polisi. anda pasti ngerti kan maksudnya? Saya pun pura-pura bego bersikeras untuk di sidang di politabes karena ada rasa ingin tau seperti apa, serta sebagai pengalaman untuk bahan cerita πŸ˜€

    Tanggal 31 Agustus 2012 saya akan menjalani sidang untuk mendapatkan kembali STNK, awalnya galau tapi sudah baca artikel YOPI di atas dan updatenya saya jadi lebih tenang.

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo saya, sedang terburu-buru seperti Kang Salman mungkin saya pilih berdamai saja sama polisinya. Tapi Kang Salman hebat euy, milih disidang saja πŸ™‚

      Takkan tau bagaimana rasanya garam, sebelum mencicipinya. Begitu juga dengan rasanya sidang tilang, akan terasa ketika sudah dicoba.

      Semoga sukses sidangnya Kang πŸ™‚

  18. dedi says:

    ane br d tilang di sudirman gara2 lawan arah… trus dia mintaa 100rb.. trus gw bilang mending sidang aj.. eh beneran dah.. ane sidang tgl 7 bsk… dari pada byr 100rb

  19. maul says:

    kalo sidang di bale endah diman yh : ) mohon bantuannya ga
    trims….

  20. maul says:

    kalo sidang di bale endah diman yh : ) mohon bantuannya gan

    trims….

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo sidang di bale endah, saya gak tw Kang. Tapi harusnya sama saja prosesnya mau sidang dimana-mana juga πŸ™‚

  21. siGudil says:

    Bang kira2 pengadilan buat sidang tilang buka sampe jam 5?

    1. Yopi Hasopa says:

      ane gak tw bang, sepertinya sesuai jam kantor deh.

  22. Yuniar SM says:

    besok saya sidang juga ke sana bang, agak takut juga sih soalnya pertama kali harus sidang 😐

  23. Giliran saya nih besok 24 Januari, yop. hahahaha

    1. Yopi Hasopa says:

      oke din, semoga lancar sidangnya πŸ™‚

  24. Rama says:

    Gan…
    Mau nanya nih…
    Ane jg kena tilang,,, tp kena tilang masuk ke jalur cepat…
    Kira2 klo sidang kena brp ya biaya nya..???

    1. Yopi Hasopa says:

      kemarin2 temen saya yang salah masuk jalur kena tilang 41rb. Mungkin gak akan beda jauh sekitar segitu. Semoga lancar sidangnya gan πŸ™‚

  25. haku says:

    gan gimana kalo ane sidangnya aga telat sehari? & hari sabtu jl. jawa buka ga..?

    1. Yopi Hasopa says:

      langsung aja datang ke pengadilannya langsung gan, info lengkapnya nanti agan dapat di sana.

  26. berto says:

    Sim c saya kena tilang,,, d surat tilang tgl 24 oktb d pengadilan bandung jln riau.,,tp saya lupa.Klo tanggal sidang udah kelewat ,,gimana cara pengambilan sim nya??d tunggu kabar’y,, mksh.

    1. Yopi Hasopa says:

      coba datang saja ke pengadilannya langsung gan, tanya-tanya sama petugas biar dapat info di sana… mungkin nanti diarahkan disuruh ngambil di polrestabes.. semoga membantu.

  27. ryan says:

    gan kalau lupa bawa stnk motor malah di tahan apa bayar dendanya sama aja kaya g bawa stnk itu kta temen2 aku harus pakai uang 500rb kalau g 1jt gitu gan.bener g?tq

    1. Yopi Hasopa says:

      Untuk denda yang harus dibayar saya gk tau pasti gan, tergantung agan kena pasal berapa? Kalo menurut saya gak akan mahal2 kk. Menurut info dari teman saya yg sidang tilang beberapa minggu lalu di pengadilan bandung: denda lampu 50rb-an, STNK/SIM 80rb-an.

  28. Euis Lisnawati says:

    gan mau nanya surat tilang warna biru kan harus bayar ke bri tower
    berarti saya ke bri tower dulu baru ke pengadilan yah ?
    atau harus ke pengadilan dlu ?
    disurat tilang nya ada tulisan saya harus ke jl. riau no 80 bdg
    itu pengadilan yg ri re martadinatha bukan yah ?
    terima kasih.

    1. Yopi Hasopa says:

      bayar dulu, baru ke pengadilan buat ngambil stnk/sim yang ditahan. Iya jln. riau = jln. re martadinata.

  29. hani gustiani says:

    gan, saya mw nanya. kena 2 pelanggaran jalur cepat sama blm pnya sim. kira2 berapa ya dendanya ?

    1. Yopi Hasopa says:

      kena 2 pasal, mungkin di atas 50rb..

  30. fery says:

    Gan ane kena tilang gara2 gk punya sim.. Ane mau tanya gan apa bisa iya buat sim pake surat
    Tilang gan???

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo buat sim pake ktp sama surat keterangan (dokter, sidik jari, dll). Surat tilang belum pernah denger buat jd syarat bikin sim.

  31. rizki fauzi says:

    gan ane kena tilang di depan pt inti bandung , waktu itu ane blum punya sim sma stnk nya mati ,trus mtor ane di tahan di polsek regol gan, trus di surat tilang ane kena 2 pasal , tgl 30 ini ane harus sidang , mahala gak gan ? apa mtor saya bisa diambil kembali ?

    1. Yopi Hasopa says:

      untuk masalah nominal denda tergantung hakim yang menentukan, namun gak akan nyentuh denda maksimal kok.

  32. sandy says:

    re.martadinata tu jalan jawa bukan gan.. ane hari ini ada sidang stnk di tahan tapi tertulis jm 09.00.. kalo ane ngambilnya ga sesuai waktunya gimana gan gpp kan..?

  33. widi pangersa says:

    giliran gw jumat besok di tilang di jln riau, kira” lama kaga kang ya proses nya..
    ada yg bilang lama ada lg yg bilang sebentar..
    pelanggaran ane sih semua surat” komplit motor orsinil cuma lampu blkng pakai scotlet hitam transparan?
    nyampe ga kira” 1-2 jam kang?

    1. Yopi Hasopa says:

      tergantung jumlah yang sidang hari itu kang, kalo mau cepet, datang pagi2 biar bisa numpuk surat tilang paling awal, nanti dipanggil paling awal jg. Untuk proses sidang gk lama kok, setelah masuk ruangan sekitar 10 menitan udah keluar ruangan lg (pulang). Siapin uang pecahan biar gk nunggu uang kembalian (ini yg bikin lama).

  34. salsabilla says:

    aduh lega banget habis baca ini. sempet frustasi juga gara gara pas ditilang jumat kemaren ga banyak mikir malah langsung milih buat di sidang hahaha mana dapet surat tilang yang warna merah…

  35. fauzie says:

    kalau ga ada sim trus stnk di bawa polisi berapa bayarnya

    1. Yopi Hasopa says:

      Gak bawa SIM denda maks Rp250rb menurut UU LLAJ No. 22 Tahun 2009. Namun paling bayar cuma 50rb an di pengadilan nanti.

  36. darmawan says:

    Assalamualaikum klo harga denda tilang gk bwa sim brpa nominal nya

    1. Yopi Hasopa says:

      Gak bawa SIM denda maks Rp250rb menurut UU LLAJ No. 22 Tahun 2009. Namun paling bayar cuma 50rb an di pengadilan nanti.

  37. tiaa says:

    Saya mau tnya ini.. Klw kena tilang di pdalarang di bandung.. Itu sidangnya sma di pengadilan negri bandung ???

    1. Yopi Hasopa says:

      coba cek, ada alamatnya di slip tilang.

  38. Rudy h says:

    Gan mau tanya kalo yg ditahan sim sama stnk bedanya apa yah ?
    Kemarin saya minta stnk yg di tahan polisinya ga ngasih ..

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo gk salah tidak ada bedanya.

  39. Dieqy says:

    gan gimana klo SIM kita ditahan karna tilang tp thn brrikutnya SIM kita abis pajek… nah itu gmn ? apa kita harus ngikutin sidang ? apa nunggu sampai SIM itu habis thn 2017 n kita buat lagi SIM yg baru …n pura2 bilang kepolisnya SIMnya ilang jd buat yg baru…. mhn petunjuknya ya

    1. Yopi Hasopa says:

      perasaan sim gak ada abis pajek… mungkin habis masa berlaku ya? sidang biasanya gak nyampe nunggu 1 tahun kok, jd mending ikut sidang aja untuk ambil sim yg ditahan. Toh nanti kalo udah abis tinggal perpanjang SIM nya, bukan bikin dari awal, biaya lebih murah dan gk usah tes lg.

  40. Dieqy says:

    klo Denda tilang lawan arus brp yak? ane baru kluar rumah mw jajan tempe disono ada Polis yg make motor langsung nyegat.. padal lawan arusnya baru kluar Gang jalan… padahal disono biasanya gk ada polisi…apes bnget hari ini euy ;(

    1. Yopi Hasopa says:

      soal berapa dendanya semua tergantung hakim, ya gk akan nyampe 100rb.. mungkin ya..

  41. Dieqy says:

    ok makasih ya Bro Yopi atas saran2 nya

    iya maksudnya berlaku SiM nya hehehe..

  42. titin ratna says:

    Kalo sidang gara2 ngambil jalan tengah mungkin biaya nya lebih gede kali y,,,

  43. Ssri ina susanto says:

    Gan yopi klu kita sampai hari H g bs byar denda maksimal slip biru gmna solusinya

  44. ali says:

    Gan, mau nanya, bisa g ngambil sim yg disita tp g melalui sidang, atau cara lain, soalny ane g bisa dateng ke pengadilannya, mohon infonya gan

    1. Yopi Hasopa says:

      datang saja ke pengadilan, nanti diarahin sama petugas di sana. Coba baca lagi pos di atas, ada yg punya pengalaman sama soalnya.

  45. KC says:

    Kalo sidang, emang dendanya ga semahal yg ditulis di kertas ya?
    Saya baru aja kena tilang gara2 terobos lampu merah, terus suruh bayar 500ribu.
    Kalo sidang ditempat maksudnya gimana ya? Bayarnya disitu juga? Terus ada yg ditahan ga?
    Sorry banyak tanya. Mau tanya ke polantasnya tapi keburu males soalnya jutek banget. Thank you

  46. Endang says:

    Kalo telat ikut sidang hampir 1 bulan gimana gan ??

    1. Yopi Hasopa says:

      datang saja ke pengadilan, nanti dikasih info sama petugas di sana.

  47. erik says:

    kang yopi mau nanya nih,kalo misalkan sidangnya harus jumat sekarang,tapi saya belun ada waktu buat kesana,terus mau saya ambil ntar sekitar 2minggu ke depan,kira kira bisa gak gk sesuai jadwal sidang yang di tentukan di slip tilang nya???hatur nuhun…

    1. andri says:

      mnding pke jasa calo aja kang,, tkutnya udh dipindah lgi ..

      akang mnta tlong sdara atau shbat aja untk ttip ke clo biar garibet ..

  48. andri says:

    wahh iya nih bsok ane jga sidang, dlu prnah thn kmren ane pke jasa calo
    anjir 135 rbu bro ..
    tau dah skrg kek gmna .. jdi pnasaran pngen nyoba …

    mkasih kang yopi tips nya..

  49. Yoga says:

    Kemaren pagi2 dah kena tilang d kepatihan gara gara nyelonong dri karang anyar lurus ke kepatihan, udh deh langsung d tulis aja tuh lembar merah suruh d tanda tangan SIM saya d tahan hadeuhhh

    Nunggu sidang tgl 23, kira kira brpa denda ngelanggar rambu kang yopi ?

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo besar denda tergantung hakim yang memutuskan, gak akan gede kok tenang saja.

  50. andry says:

    Mau nanya, saya harusnya sidang hari jumat eh saya sibuk jd gabisa, kira” hari sabtu bisa ngga yah, kalo bisa buka sampe jam berapa paling?

    1. Yopi Hasopa says:

      datang aja langsung ke pengadilan buat info lebih lanjut, tp kalo sidang hari sabtu gk akan bisa. Sidang dilaksanakan tiap jumat.

  51. andry says:

    Jadi harus nunggu jumat depan dong, klo hari biasa emg gabisa?

    1. andry says:

      Terus kalo kelewat gitu bakal mahal ngga? Yg pernah kaya gitu Kasih tau lah infonya

    2. Yopi Hasopa says:

      coba baca bagian “UPDATE: Solusi Bagi Yang Tidak Bisa Datang Pada Hari β€œH” Sidang Tilang”, semoga membantu.

  52. Wina says:

    Mw nnya tdi aq kena tilang gra” slah belok, motornya diambil soalnya gga bwa stnk, gga pnya sim jga.. Jadinya sidang, tpi gga situlisin dendanya berapa, kira” bakalan bayar berapa nnti pas sidang ya, apes bangett tdi pulang naik angkot bwa” helm πŸ™

    1. Yopi Hasopa says:

      masalah besar denda saya jg tidak tau, tp tenang saja, tidak akan sebesar yg dibayangkan kok πŸ™‚

  53. aryo says:

    gan minta info ya biro jasa pengambilan sim soal ya saya di jakarta udah ada 1 bulan lom ada waktu buat ambil sim di bandung

    1. Yopi Hasopa says:

      duh maaf, saya tidak tahu infonya.

  54. nanang says:

    gan denda masuk jalur cepat berapa ya kira kiran nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *