matapandaCoba Anda berdiri didepan kaca, dan lihat mata Anda. Apakah ada yang aneh-aneh gitu gak?:D Kalo normal-normal saja, Alhamdulillah kalo begitu. Tapi beda kasusnya dengan yang ane alami sekarang, mata ane sekarang ada lingkaran hitamnya. Kayak mata panda gitu :(. Walau terhihat samar-samar tapi ane kaget ketika kemaren, ane foto bareng sama temen ane. Mata panda ane terlihat jelas banget di kamera, ampuun dah. Udah kayak zombie aja ane kalo difoto :(.

Setelah nyari beberapa artikel di internet tentang penyebabnya, ane kali ini yakin dengan penyebab munculnya si mata panda ini. Penyebabnya adalah ane kurang tidur selama satu semester ini karena ane ngerjain tugas sama bikin laporan yang bejibun tiap minggunya. Otomatis waktu tidur ane berkurang. Pernah beberapa kali bikin laporan eksperimen sampe gak tidur semaleman suntuk karena ngolah datanya salah mulu :hammer: . Ditambah lagi ane kurang minum air putih dan sering minum kopi buat menghilangkan rasa kantuk ketika ngerjain tugas/laporan di malam hari. Mungkin itulah beberapa penyebab yang ane yakini. Tapi ada beberapa penyebab lainnya sekaligus pencegahan serta pengobatannya, simak aja terus tulisan di bawah.

Munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya hidung tersumbat, kurang tidur, alergi, proses penuaan, perubahan hormon yang berhubungan dengan kehamilan atau menstruasi, kekurangan vitamin, dehidrasi, terlalu banyak merokok, disfungsi hati, efek samping obat, terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet, atau faktor keturunan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah munculnya lingkaran hitam?

  1. Kurangi konsumsi kopi, soda, dan minuman yang mengandung kafein. Perbanyak air putih. Minuman bersoda mengandung pemanis sintetis yang membuat bagian sekitar mata terlihat membengkak dan warnanya lebih gelap. Kafein membuat tubuh tak menyerap air dengan baik dan menyebabkan dehidrasi. Akibat dehidrasi, racun tak terbuang dengan sempurna dari tubuh dan menyebabkan warna kulit, termasuk di sekitar mata, menggelap.
  2. Kurangi makanan siap saji. Biasanya kalo anak kost suka makan mie instant, sosis, sarden, energen, dll. Makanan kalengan dan yang mengandung bahan pengawet memperbanyak jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun inilah yang jika tak terbuang ke luar akan menumpuk dan menggelapkan kulit.
  3. Perbanyak makan sayur dan buah. Nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah bisa membantu mengusir racun dan mengurangi lingkaran hitam.
  4. Tidur cukup. Pastikan Anda tidur tak terlalu larut, minimal enam jam sehari. Jika lingkaran hitam sering sekali muncul di wajah Anda, cobalah tidur dengan dua bantal untuk membuat posisi kepala agak lebih tinggi saat tidur. Jangan terlalu sering begadang, coba gunakan waktu di pagi hari atau waktu senggang untuk mengerjakan tugas kuliah, selain terhindar dari ritual begadang pas malam hari, hal ini juga bisa mempercepat menyelesaikan tugas karena biasanya kalo pagi hari, kondisi tubuh dan otak masih seger buger.

Nah terus begimane kalo lingkaran hitam sudah terlanjur muncul, tenang aja, jangan khawatir. Ada beberapa cara mengatasinya kok, seperti:

  1. Kompres dengan teh celup yang sudah disimpan di dalam kulkas.
  2. Kompres dengan irisan mentimun.
  3. Gunakan produk kecantikan yang berfungsi menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.
  4. Kurangi kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya si mata panda, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Ane juga sedang berjuang untuk menghilangkan si mata panda ini :army:. Semoga aja bisa ilang nih mata panda. Sekian, terimakasih 🙂

Kategori : Tips

27 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Lingkaran Hitam Mata

  1. makasih untuk tipsnya. berguna banget nih, cz aq juga punya kantong mata yang kadang item kaya panda.

    Tapi kompres pake dg teh celup sama mentimun kurang brhsil kalo tetep sering begadang. hehehe 😀

    1. Yopi Hasopa says:

      iya sih jadi percuma kalo begadang terus… 🙁

  2. zie says:

    :nohope:
    huh saya juga sudah sedikit bermata panda. Makasi infonya 😀

    1. Yopi Hasopa says:

      Kalo gak bermata panda bukan mahasiswa namanya 😀

      sama2 zie.. 🙂

  3. Aryo says:

    aKu juGa nih .. kira2 braPa lama tuh tRuus bakaLan baLik laGi sePerti semuLa … ????

    1. Yopi Hasopa says:

      kalo berapa lama mah relatif, yag pasti kurangi begadang gan, dan penyebab lainnya 😀

  4. dian yesti says:

    kak yopi,trim’s infonya saat ini aku juga butuh cara alami menghilangkan hitam2 disekitar mata.aku juga sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli kosmetik agar hitam2 disekitar mataku cepet ilang tapi nggak berhasil,untung saja ada kak yopi yg nulis artikel diinternet,cara menghilangkan hitam2 disekitar mata.nanti aku coba info dari kak yopi,semoga berhasil.

    1. Yopi Hasopa says:

      selamat mencoba, semoga lingkaran item di mata bisa cepet ilang 🙂

  5. gunawan says:

    makasih info nya,.

  6. tiwy says:

    musti dicoba 😀 !!

  7. elvira zahara says:

    mksh kk tips n info@
    prnh dicoba sicch tp kyak@ krang berhasil nhe kk
    pdhl bgadang jg jarang
    tp knpa si mata panda nhe trus muncul
    keseelll . . .
    tmnd2 pada sibuk ngejek”n .. . dah cem susana
    huufft

    1. Yopi Hasopa says:

      kalau merasa mengganggu sekali, saya sarankan untuk konsultasi dengan dokter yang lebih ahli 🙂

  8. GITA ASMARA says:

    Hmmm,,,, mg az c4 ilang nie mata panda,,
    lama-lama aq ky mayat hidup,,
    jd gk PD.

    1. Yopi Hasopa says:

      selamat mencoba 🙂

  9. lia says:

    Y niii.qw jg puxa lingkaran pnda…susah bgt hilnginx…pdhl kn qw udh tdur trusss…huhhh

  10. Reren says:

    ya ni gra2 tgas mta q kya nenek2…
    lingkar htam na mantap…

    q dah cba pke mntimun brhsil sich,,,
    tp 1x jz bgadang lngsung brbah kmbali hitam…

    1. Yopi Hasopa says:

      imbangi aja sist sama perawatan, istirahat + makanannya juga 🙂

  11. Safa says:

    Terimakssih buat Tips nya,sya coba? 😀
    iya memang benar,sya kurng tdur

  12. jak says:

    terimakasih infonya sangat membantu…..

  13. maya says:

    ahhh,,msk sich aq gk prcy

  14. Jefry says:

    mata saya juga ada lingkar hitamnya akibat dari banyaknya begadang akhir2 ini
    terima kasih atas tips2nya, saya akan lakukan tips2 diatas

  15. shelom cinta says:

    mkch kak

  16. abel sinaga says:

    saya sudah tidur cukup setiap malam n pola makan saya sangat teratur tapi kenapa mata panda saya gk ilang2 ya..

  17. tio says:

    saya juga punya masalah mata panda,,, muncul dari kelas 3 smk gra2 mau uas begadang trus… kurang lbih dah setahunan baru galau gra2 dikampus tmen2 blg si mata panda, jadi ilfil saya ma mta panda saya… ;(

  18. alfiatul says:

    tapi., kalau gak pernah begadang., misalkan efek dari rokok, obat* terlarang, dan miras., apakah bisa buat mata panda :-/

  19. uchy syhputri says:

    udah di coba tapi kok gak ilang ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *