Pertanyaan yang Terlalu Umum

Friday, 31 Oct 2014

Saya sering mendapat pertanyaan yang menurut saya terlalu umum entah itu lewat email, SMS atau sosial media. Contohnya seperti ini:

Kenapa laptop saya gak bisa dinyalain?

Kenapa saya tidak bisa membuka aplikasi …?

Kenapa muncul error ya?

Kenapa sekarang game hay day tidak bisa dibuka?

Kok batere hape saya boros ya?

Hal tersebut sama saja seperti kita datang ke dokter terus hanya bilang “Saya sakit Dok, tolong beri saya resep obatnya!”. Sudah tahu keanehannya dimana? Ya, sebetulnya untuk mendapatkan solusi permasalahan dengan tepat kita harus tahu gejalanya dulu. Dokter juga akan kebingungan harus ngasih resep obat apa jika tidak memeriksanya terlebih dahulu. Apalagi saya sering mendapat pertanyaan yang hanya oneliner. Mau tidak mau saya harus balik nanya untuk mendapatkan informasi tertentu yang sebenarnya bisa langsung ditanyakan sekaligus.

Pertanyaan yang baik adalah kita jelaskan dulu masalah yang dihadapi, kemudian beri penjelasan pendukung yang lebih spesifik secukupnya. Penjelasan pendukung yaitu kemungkinan penyebab terjadinya masalah tersebut, kalo bisa sih jelaskan sedetail mungkin dan ditambahkan foto/screenshot permasalahannya.

Contohnya kek gini:

Kenapa ya setiap membuka microsoft word muncul error seperti ini? Berikut saya lampirkan screenshot error-nya. Terima kasih.

Ya semacam kayak gitu sudah membuat saya bisa ngasih solusi permasalahan yang lebih tepat. Bukannya saya malas balik nanya, cuma ya kadang-kadang menjawab pertanyaan yang terlalu umum itu kurang greget aja. Sebagai catatan saja bahwa saya bukan pakar disemua bidang.

Kategori : Catatan Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *