template blog karya ypo hasopaSebuah awal yang bagus ketika ane memikirkan hal ini. Tentu ini sudah jadi impian ane sejak dahulu kala. Ketika mulai berkecimpung dalam dunia blogger, ane mengidam-idamkan bisa membuat template/theme blog sendiri murni hasil karya ane sendiri. Yah walaupun sekarang ane masih pake template karya orang lain, tapi lumayanlah dari template orang lainlah ane bisa belajar ngutak-ngatik template sehingga bisa sesuailah dengan selera ane.

Setelah membaca, mempelajari, memahami serta menghayati beberapa postingan dari para master blog, ternyata bikin theme wordpress itu gampang-gampang susah. Gampangnya : ane sudah kuasai kode HTML sama CSS. Terus susehnya : Struktur bahasa PHP yang belom ane ngerti. Maklumlah ane baru aja pindah dari blogspot ke wordpress. Dulu ketika ane mempelajari struktur kode blogspot, gak jauh bedalah sama kode-kode HTML. Tapi di wordpress ini struktur kodenya beda banget. Dulu waktu ane ikut lomba blog, ane pernah ngutak-ngatik nih daleman wordpress. Namanya juga manusia, sering lupanya daripada ingetnya :D.

Jadi, ane berniat buat bikin theme wordpress sendiri. Mudah-mudahan bisa terwujud 2-3 bulan ke depan. Wah lama banget yah? Emang sih ane kalo bikin projek suka lama tapi hasilnya perepek perfecto :thumbup:. Bukan cuma itu sih alasannya. Ane juga punya projek yang belum selesai satu lagi, jadi rencananya setelah projek yang satu ini udah kelar, ane mau langsung ngerjain projek bikin theme wordpress sendiri.

Kalo mau belajar bareng ane kasih tau deh tutorialnya, yang insyaAllah akan ane pelajari juga. Ada 2 tutorial dari para master yang sudah berpengalaman :

  1. http://wordpress.or.id/membuat-themes-wordpress/
  2. http://fikrirasyid.com/8-langkah-membuat-theme-wordpress/
  3. http://www.google.co.id/ 😀

Semoga projek ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa melewati tantangan serta rintangan yang menghadang. Amien..

Dan selamat belajar juga untuk yang mau belajar.. 🙂

Kategori : Template

3 thoughts on “Rencana : Bikin Theme WordPress Sendiri Dari Nol

  1. Adilahat says:

    maturnuhun kang referensinya 🙂

    1. Yopi Hasopa says:

      sama-sama kang… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *