Alhamdulillah, setelah 3 hari berkutat di depan laptop, ngutak-ngatik koding, mendesain dan melakukan riset, ceileh kayak penelitian aja pake kata riset 😀 akhirnya jadi juga theme WordPress buatan ane sendiri tadi malem.  Walau terlihat masih sederhana, tapi ane merasa puas bisa bikin theme WordPress kayak gini. Dan yang bikin ane puas lagi yaitu, ane bikin theme ini dari nol, seperti yang telah ane tulis di Rencana : Bikin Theme WordPress Sendiri Dari Nol. Jadi udah lunas janji ane :shakehand.

Ternyata bikin theme WordPress tak sesulit yang ane bayangkan lho. Ane sendiri butuh waktu 3 hari buat bikin themenya. Apalagi bagi para dewa, mungkin bisa 1 hari sudah jadi. Bagi ane waktu 3 hari kemaren terasa kurang apabila theme yang ane bikin pake image background, belum lagi desain image nya yang memakan waktu yang lumayan lama bagi ane. Mungkin kalo ane bikin theme WordPress yang pake image background, ane butuh waktu berminggu-minggu bahkan sampe bulanan. Tapi kalo ane bikin theme WordPress pure CSS seperti yang ane bikin pertama kali, dalam hitungan harian juga sudah ane selesaikan :D.

Oh iya, bagi yang mau belajar bikin theme WordPress, ane kasih tips dan triknya agar lancar jaya aman sentosa :D. Ini dia :

  1. Gambar dulu layout theme yang akan kamu bikin pake pensil di atas kertas putih. Gambarnya gak usah bagus2, yang penting jelas.
  2. Gunakan font yang jelas jika dibaca, kecuali dibagian2 tertentu bolehlah memakai font yang aduhai :genit:.
  3. Bila blank mengenai seperti apa theme yang akan kamu bikin, cari inspirasi dengan mengunjungi blog-blog para dewa. Hal ini bisa jadi inspirasi buat kamu. Nyontek dikit, gak apalah :p.
  4. dll (kalo ada lagi ane akan edit :o)

Itulah beberapa tips yang ane berikan. Ingat yah itu bukan langkah2 bikin theme WordPress tapi hanya sekedar tips saja.

Pada kesempatan ini, ane ucapkan terima kasih kepada para dewa (sesepuh) yang telah memberikan pencerahan bagi ane. Sehingga ane bisa menyelesaikan theme WordPress ini dengan lancar jaya aman sentosa :). Ane sendiri belajar bikin theme WordPress dari sini, di sinidi sini juga dan  dari sini. Sekian, terima kasih :).

Kategori : Template

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *