Honda BeAT FI White

Masalah ini sudah lama saya alami sejak 4 bulan yang lalu. Tiba-tiba ada yang aneh dengan motor matic ini yang sebelumnya baik-baik saja. Hal aneh pertama yang saya rasakan adalah ada sesuatu yang bagian motor yang tergores pada saat mau masukin motor ke garasi yang tempatnya sangat “pas” dengan lebar motor ini. Setelah diteliti ternyata standar tengah Honda BeAT ini udah melebar ke samping. Hal ini juga yang membuat sistem tuas standar tengah gak maksimal sehingga pas mau naikin motor pake standar tengah akan terasa sangat berat.

Standar tengah honda beat fi

Saya mulai mencari masalah yang sama di internet dan menemukan beberapa kasus yang sama seperti yang ada pada blog yayang125. Sepertinya memang harus dilas agar standar tengah ini lebih kuat. Namun saya hanya melepas standar tengahnya, kemudian menarik kembali batangan besi pada posisi yang ideal agar tuasnya kembali bekerja maksimal. Dan akhirnya, masalah teratasi. Motor sudah tidak menggores tembok dan sudah tidak berat saat menaikkan standar tengah 🙂

honda-beat-fi-baret

Terus apa penyebab dari masalah ini? Saya juga tidak tahu persis. Mungkin saja karena bahan dan desain konstruksi standar tengah Honda BeaT yang kurang baik atu apalah. Saya bukan ahli dibidangnya. Yang jelas motor ini sudah jatuh “tikusruk” sebanyak dua kali. Yang pertama kena bagian kiri, yang kedua kena pada bagian kanan. Atau mungkin ada juga yang mengalami hal yang serupa dan tahu penyebabnya?

FYI, saya suka memakai motor ini karena motor ini ringan dan ramping sehingga enak buat selap-selip. Terus irit karena sudah pakai sistem injeksi serta suspensinya empuk banget walau motor ini sudah pernah jatuh. I Love BeAT, hehe 😀

Kategori : Catatan Harian

6 thoughts on “Standar Tengah Honda BeAT-FI Bermasalah

  1. sulaiman says:

    sama mas aku jga gitu malah aku lepas semua baut ama pernya…smpe skrg blm nemuin solusinya

    1. Yopi Hasopa says:

      Mungkin pas nekan tuas standar tengah terlalu keras (jangan terlalu dipaksakan kalo sudah keras). Saya sekarang kalo mau turunin standar tengah wajib dibantu dengan mengangkat behel belakang terlebih dahulu, sehingga beban tuas standar bisa berkurang dan besinya jg sudah tidak melengkung lagi.

  2. Rizwan says:

    Saya mah, baudnya potong pas mau di kencengin baud dudukan standart 2 nya, sampe skrg masih di iket aja pake tali supaya ga ngaplek ke bawah tanah ,, gimana cara ngatasin nya?

  3. tarunajaya says:

    Saya jga bingung malah skrng ga bs d naikin sama sekali padahal ga kenapa2 pagi nya,eh sore pulang kerja standard tengah ga fungsi

  4. muhamad guntur says:

    mas kalo cara bongkar / lepas standar tengah beat fi gmna ?

    1. Yopi Hasopa says:

      tinggal melepas pengait di ujung as standarnya aja, terus tinggal tarik keluar besi as nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *