buku tipler jilid 2

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Kilas Balik Kuliah Semester 1 Pendidikan Fisika, saya lanjut ke semester 2. Mari bahas satu per satu.

Fisika Dasar I

Akhirnya ketemu juga dengan mata kuliah fisika nya. Walaupun semester kemarin ngontrak Fisika Umum, tapi kata dosen fisika dasar, fisika umum adalah konsumsi jurusan lain :P.Banyak konsep-konsep baru tentang fisika saya temukan di Fisika Dasar I ini, dan saya baru menyadari tentang konsep-konsep yang ngaco saat sekolah menengah. Pembahasannya pun lebih rinci dan mendalam. Saya juga baru “ngeuh” tentang penurunan rumus-rumus Fisika yang segudang itu.

Semuanya menjadi jelas dan masuk logika saat kuliah Fisika Dasar. Ditambah dosen nya asik dan nyaman. Membuat saya sangat menyukai mata kuliah ini. Alhamdulillah saya mendapatkan nilai yang memuaskan di mata kuliah ini 🙂

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa

Di mata kuliah ini saya belajar tentang astronomi dan kebumian. Di sini juga menambah ilmu pengetahuan kita tentang banyak hal. Contohnya kenapa mars bukan planet? bagaimana satelit buatan bisa mengorbit bumi? dll. Banyak banget deh, dari kebumiannya yaitu kenapa gunung berapi hanya terdapat di dekat laut?

Pengen jelas? Silakan ngontrak mata kuliah 3 SKS ini. hehe..

Matematika Fisika I

Eh, ketemu lagi dengan matematika, tapi ada embel-embel fisikanya. Saya akui, saya kaget ketika ikut kuliah ini. Saya kurang memberi perhatian kepada mata kuliah ini karena jadwal kuliah di semester 2 bener-bener pada merayap. Secara di semester 1 kan jadwalnya nyantai banget.

Entah kenapa materi kuliah ini terasa sulit bagi saya. Dan nilai yang saya dapat di mata kuliah 4 SKS ini merupakan nilai terburuk selama 2 semester ini. Semoga hal ini tidak terjadi lagi.

Eksperimen Fisika Dasar I

Nah, ini dia biang kerok nya. Yang membuat saya begadang terus, setiap minggu harus bikin laporan eksperimen yang menghabiskan waktu enggak sebentar. Bahkan saya harus rela mengorbankan mata kuliah lain demi mata kuliah yang satu, salah satu korbannya yah Matematika Fisika I :(.

Bener-bener menyita waktu banget nih, mata kulaih 2 SKS ini terasa seperti 8 SKS. Apa sih yang menyebabkan menyita waktu lama? Yang pertama, pengambilan data eksperimen belum tentu bisa dilakukan dalam satu kali pertemuan, bahkan saya harus mengambil data di luar kuliah. Kedua, Laporan ditulis tangan tidak boleh diketik termasuk membuat grafiknya. Tapi ada juga dosen yang memperbolehkan menggunakan software untuk membuat grafiknya. Ketiga, harus mengerjakan tugas awal eksperimen. Keempat, belum lagi tugas-tugas mata kuliah lain yang menumpuk, Keliama… Keenam… dst… ~~

Tapi, pengorbanan ini tidaklah sia-sia. Saya mendapat nilai A… horeee… 🙂

Perkembangan Peserta Didik

Sudah tidak usah diceritakan lagi, dosen PPD bukan jarang masuk lagi. Tapi gak pernah masuk. Parah… Itu juga yang masuk bukan dosennya, tapi dosen pengganti yang hadir saat menjelas UAS. Nilai juga sudah gak usah ditanyakan lagi, munculnya juga entah dari mana ~~

Pendidikan Agama Islam

Disamping saya harus kuliah PAI, saya juga harus mengikuti program tutorial sebagai syarat kelulusan mata kuliah PAI. Program tutorial ini wajib diikuti oleh setiap jurusan. Progran tutorial ini diadakan setiap sabtu dan minggu, jadi selama semester 2 ini saya tidak mudik :(.

Bukan hanya itu, saya juga harus mengikuti tes BAQI dan harus lulus. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar 🙂

Pendidikan Bahasa Indonesia

Saya termasuk orang yang tidak menyukai mata kuliah seperti ini. Tiap pertemuan hanya membahas dan membuat karya tulis ilmiah. Menurut saya, karya tulis ilmiah ini mirip kayak bikin skripsi tapi berkelompok.

***

Nah itulah gambaran yang terjadi di semester 2, saya tidak menceritakan semuanya. Menurut saya, semester ini merupakan semester yang berat. Jadwal yang padat dan tugas yang banyak menjadi sorotan utama. Alhamdulillah saya lalui juga pada akhirnya…

Sampai jumpa di semester 3 🙂

Kategori : Kilas Balik

Kilas Balik Januari 2012

Thursday, 2 Feb 2012

kalender

Sudah tahun 2012 nih, bulan januaripun sudah berlalu. Hal apa saja yang terjadi selama bulan Januari kemarin?

Kuliah

Setelah liburan tahun baru yang sebenarnya merupakan pekan sunyi UAS, saya harus melaksanakan UAS. Hal paling tidak saya sukai ya ini. Males ngapalin terutama yang hafalan. Ditambah lagi kemampuan menghafal saya kurang mendukung :(.

Ada satu mata kuliah yang mengaharuskan presentasi setiap orang sebagai pengganti nilai UAS, sangat membosankan dan menyita banyak waktu. Bayangkan saja mahasiswa ada 23 orang, waktu rata-rata tampil presentasi sekitar 1 jam. Jadi berapa waktu yang dibutuhkan?

Pengumuman nilai UAS akhirnya tiba, saya puas di beberapa mata kuliah dan ada kecewa juga. Secara nilainya tak bisa ditebak, apa ini hanya hoki saja? hehe.. 😀

Mudik

Sangat puas sekali liburan setelah UAS selama 2 minggu. Walau kampus lain ada yang libur 1 bulan lebih, tapi apa boleh buat itu ketentuan kampus saya. Kebanyakan saya habiskan di rumah saja (tidur, makan, main) 😛

Film Anime

Yeah, akhirnya saya bisa menonton sampai episode terakhir dirilis. Siapa lagi kalo bukan Fairy Tail, yang makin seru. Sekarang saya masih nunggu episode 116 😀

Pekerjaan

Sepertinya saya harus menunda niat saya untuk mengajar di lembaga bimbingan belajar karena jadwal kuliah semester ini pada merayap banget . Kemudian, saya malah banyak mendapat tawaran untuk membuat design pamflet dan brosur, lumayan bisa nambah skill dan menghasilkan uang 🙂

Acara

Ada rencana lagi untuk “Mega Training Generasi Perubahan II” yang merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya. Semoga acara ini berjalan dengan lancar nanti tanggal 12 Februari 2012. Sayangnya kemungkinan saya tidak bisa ada di acara tersebut karena saya ada acara rekreasi bersama anak-anak Fisika. Semoga acara yang ini juga lancar, amien… 🙂

 

Kategori : Kilas Balik

buku fisika dan tas

Yeah, kali ini saya mau flashback tentang kuliah di semester 1. Kuliah di jurusan Pendidikan Fisika – Universitas Pendidikan Indonesia banyak suka dan duka. Banyak hal-hal seru, senang, sedih, capek, galau, lucu, pokoknya campur aduk deh. Saya akan bahas per mata kuliah yang saya kontrak. Penasaran? Mari simak tulisan di bawah sama-sama. 🙂

Bahasa Inggris

Dari semua mata kuliah yang saya kontrak di semester 1, mata kuliah inilah saya mengalami kesulitan. Basic skill bahasa inggris saya yang kurang menjadi penyebabnya. Pada akhirnya saya kurang menyukai mata kuliah ini, karena kesulitan tadi. Saya jalani selama satu semester, dan hasilnya bisa di tebak. Nilainya kurang memuaskan, tapi sudah cukuplah bagi saya. Ke depannya mungkin bisa menjadi motivasi bagi saya untuk lebih bisa menguasainya, karena kemampuan ini sangat dibutuhkan kelak

Statistika Dasar

Yang namanya statistika sudah tidak jauh lagi berhubungan dengan data. Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favorit saya. Bahan materinya mudah dipahami dan dimengerti. Oh iya, buku yang saya gunakan untuk mata kuliah ini adalah buku Sudjana.

Landasan Pendidikan

Mata kuliah ini termasuk ke dalam kelompok Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP). Semua jurusan dengan titel “pendidikan” wajib mengontrak mata kuliah ini. Tak ada yang istimewa di mata kuliah ini. Di setiap pertemuan hanya presentasi dari mahasiswa, diskusi, kemudian bikin makalahnya.

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Udah pada tau kan dari SMA juga tentang mata kuliah ini. Ya, gak jauh beda sih. Tiap pertemuan melakukan olahraga. Untuk UTSnya yaitu test kebugaran (sit up, push up, lari, dll), dan UASnya mengikuti outbound. Kemudian ada tugas juga membuat makalah manfaat olahraga dan permainan dalam olahraga.

Matematika Dasar

Mungkin materi di dalam mata kuliah ini hampir sama kayak di SMA lah. Kebanyakan materinya ngambil dari kalkulus. Dosennya juga tegas tapi suka ngelawak juga, haha… Gak boringlah… Semua jurusan di FPMIPA wajib mengontrak mata kuliah ini tanpa kecuali, hehe…

Fisika Umum

Fisika, mata kuliah favorit saya banget. Dari SMA juga saya suka Fisika. Dan akhirnya saya menjadi mahasiswa di Fisika juga. Kerenlah di mata kuliah ini, bisa membuka pengetahuan “lebih” daripada di SMA. Menguak konsep-konsep fisika yang salah kaprah ketika di sekolah menengah. Menambah pengetahuan juga yang belum saya ketahui sebelumnya. Dosennya juga enak menjelaskan materinya.

Untuk tugasnya, harus ngerjain soal-soal tiap BAB yang telah dibahas. Buku yang dipake yaitu Conceptual Physics. Nilai yang saya dapat untuk mata kuliah ini, alhamdulillah memuaskan. 🙂

Kimia Umum

Nah, untuk mata kuliah ini gampang-gampang susah. Kenapa? Karena menurut saya materi awal-awal masih bisa saya kuasai karena materinya gak jauh beda sama materi di SMA. Tapi lama-kelamaan materi makin rumit, makin bingung saya. Meskipun demikian pada akhirnya saya bisa melewatinya dengan baik.

Biologi Umum

Hmm.. saya rasa mata kuliah inilah yang bikin saya tidur di kelas. Materi yang disampaikan dengan cara ceramah membuat saya ngantuk terus, ditambah lagi jadwal kuliahnya sore. Makin memperparah keadaan saja, huuhh…

Saya dan teman saya sering membawa permen ke dalam kelas untuk mengurangi ngantuk, kadang-kadang juga saya suka minum kopi dulu agar tidak mengantuk di kelas. Tapi rasa ngantuk bisa hilang ketika dosen memberikan joke nya, setelah itu ya ngantuk lagi, hehe… Pada akhirnya semua berjalan dengan baik.

***

Nah itu sedikit flashback tentang semester 1. Memang tak semuanya saya ceritakan karena saya sudah lupa-lupa ingat. Kecara keseluruhan semuanya berjalan dengan baik, walau saya harus mengikuti ujian susulah dibeberapa mata kuliah karena waktu itu saya sakit selama 2 minggu. Semester ini bisa dibilang semester yang “nyantai” karena materi beberapa mata kuliah seperti Matematika Dasar, Fisika Umum, Kimia Umum dan Biologi Umum sudah saya pelajari ketika SMA.

Ya, segitu saja, semester yang sungguh luar biasa. Sampai jumpa di semester selanjutnya… 🙂

Kategori : Kilas Balik

Kilas Balik Desember 2011

Saturday, 7 Jan 2012

kalender

Saya hampir lupa membuat postingan kilas balik untuk bulan Desember karena minggu-minggu ini adalah minggu UAS. Saya harus belajar materi kuliah yang cukup membuat saya sibuk sendiri, belum lagi tugas presentasi UAS yang membuat saya merasa tersiksa belakang ini. Tapi UAS bukan halangan untuk tetap menulis di blog, hehe…

Ada apa saja di bulan Desember 2011?

Kuliah

Bulan ini merupakan bulan terakhir semester 3, bentar lagi saya masuk ke semester 4 nih. Seperti biasanya tiada hari tanpa tugas dan presentasi. Saya cukup kewalahan juga karena dikejar tugas kemarin. Bayangkan saja saya harus mengerjakan 2 tugas dalam satu malam. Besoknya harus sudah jadi dan dikumpulkan. Saya juga kaget ketika mendapat SMS bahwa besok tugasnya harus dikumpulkan. Ini memang salah saya sendiri sih, gak ngerjain tugasnya dari dulu, hehe…

Kemudian, bulan kemaren juga saya sudah presentasi Fisika Sekolah I. Bagi saya presentasi ini, bukan sembarang presentasi seperti di matakuliah lainnya. Saya merasa bahwa presentasin ini kayak audisi-audisi di tv, yang siap menerima masukan/kritik/saran/sindiran yang pedas dari dosen dan penonton (teman-teman). Emang dosennya keren banget, saya suka dengan caranya mengajar. Oh iya, saya juga diberi nama oleh Juragan (dosen Fisek I) dengan sebutan “Basopi”. Entah dari mana nama itu berasal, saya juga tidak tahu. Tapi Juragan sering memanggil saya begitu :D.

Acara

Yups, kemaren sukses juga acara Mega Training Generasi Perubahan, saya ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Lumayan capek juga, kesana kemari mengurus ini dan itu ketika acara berlangsung. Saya dan teman-teman di lembaga mendapat pengalaman dan pelajaran berharga setelah adanya acara tersebut. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi 🙂

Film Anime

Masih berbicara tentang Fairy Tail, saya baru menamatkan di episode 80. Soalnya belum saya download lagi filmnya. Oh iya, saya juga sudah menonton Fairy Tail OVA 1 & 2 nya. Seru banget, walau di cerita ini banyak banget “sesuatu” nya. Semoga bulan depan saya bisa menuntaskan cerita Fairy Tail ini.

Mudik

Mudik juga akhirnya, setelah 7 minggu tidak pulang ke rumah. Suasana rumah yang membuat saya tidur nyenyak serta masakan ibu yang menggugah lidah membuat saya betah di rumah. Lumayan puaslah liburan kali ini, walau sebenarnya bukan liburan tapi merupakan pekan sunyi sebelum UAS, saya anggap saya sebagai liburan.

Tahun Baru

Bulan ini merupakan bulan terakhir di tahun 2011. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya jarang merayakan pesta tahun baru. Saya pikir buat apa juga merayakannya, paling juga ngeliat kembang api dan kumpul sama temen-temen. Saya lebih sering berada di rumah ketika tahun baruan. Tapi kemaren saya diajak oleh kakak saya pergi ke suatu tempat, dan saya pun pergi ke sana. Tapi, saya rasa suasananya gitu-gitu aja gak ada yang spesial tuh.. ~~

 

Kategori : Kilas Balik